Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya Indonesia, Geser Hartono Bersaudara

Senin, 26 Desember 2022 - 10:32 WIB
loading...
Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya Indonesia, Geser Hartono Bersaudara
Low Tuck Kwong menjadi orang terkaya di Indonesia menggeser pemilik grup Djarum Hartano bersaudara. FOTO/Forbes
A A A
JAKARTA - Peringkat orang terkaya pertama di Indonesia kini dipegang pengusaha batu bara Low Tuck Kwong . Pemilik grup Djarum, Hartono bersaudara yang bertahun-tahun menempati peringkat pertama orang terkaya di Indonesia tergeser.

Berdasarkan laporan Real Time Forbes Billionaires List, kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono disalip Low Tuck Kwong. Harta Low Tuck Kwong meningkat mencapai USD25,2 miliar atau sekitar Rp393 triliun. Budi Hartono menempati posisi kedua orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan USD22,1 miliar atau sekitar Rp344 triliun dan Michael Hartono di urutan ketiga dengan total kekayaan USD21,3 miliar atau sekitar Rp332 triliun.



Low Tuck Kwong pendiri perusahaan batu bara Bayan Resources. Lonjakan kekayaan pria berusia 74 tahun itu selaras dengan kenaikan harga saham perusahaan. Pada Kamis (8/12), Low Tuck Kwong masih berada di posisi kedua taipan terkaya di Indonesia di bawah duo Hartonio dengan kekayaan kekayaan USD12,1 miliar atau setara Rp189,06 triliun.

Tak hanya Bayan Resources, pria kelahiran Singapura ini juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura Metis Energy yang sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources. Low Tuck Kwong lahir dan tumbuh di Singapura.



Ia mengadu nasib ke Indonesia pada 1972 dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tahun 1992 silam. Lima tahun kemudian, Kwong membeli perusahaan tambang batu bara pertamanya, yaitu PT Gunungbayan Pratamacoal yang kini dikenal Bayan Resources.

Bisnis Low Tuck Kwong terus menggurita. Saat ini, Low Tuck Kwong mengerahkan dukungannya pada SEAX Global yang tengah membangun sistem kabel bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)