Tips MotionCredit: Pahami Konsep 3K untuk Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru!

Senin, 26 Desember 2022 - 11:55 WIB
loading...
Tips MotionCredit: Pahami Konsep 3K untuk Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru!
Membantu Anda menyusun resolusi keuangan untuk tahun baru, sebaiknya pahami dahulu konsep 3K yang telah dirangkum oleh MotionCredit, yaitu Kebutuhan, Keinginan, dan Kemampuan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tahun 2022 akan segera berakhir dan berganti menjadi tahun 2023. Akhir tahun menjadi salah satu momentum refleksi diri dan membuat resolusi untuk tahun yang akan datang.

Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kekurangan di masa lalu dan menyusun target atau rencana di tahun depan, termasuk dalam hal keuangan. Dengan menyusun resolusi keuangan di awal tahun, Anda diharapkan semakin termotivasi untuk membuat komitmen dan menjalankannya dengan disiplin sepanjang tahun hingga seterusnya.



Untuk membantu Anda menyusun resolusi keuangan, sebaiknya pahami dahulu konsep 3K yang telah dirangkum oleh MotionCredit , yaitu Kebutuhan, Keinginan, dan Kemampuan.

1. Kebutuhan

Pertama-tama, Anda perlu memilah mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan Anda. Kemudian, hitunglah pengeluaran Anda yang menjadi kebutuhan setiap bulannya, antara lain tagihan rumah tangga, cicilan (jika ada), pendidikan anak, makan, dan sebagainya. Pastikan setiap kebutuhan Anda terpenuhi. Jika memungkinkan, alokasikan keuangan Anda untuk tabungan, investasi, dan dana darurat.

2. Keinginan

Jika seluruh kebutuhan Anda telah terpenuhi, pendapatan Anda dapat digunakan untuk keinginan Anda, misalnya membeli pakaian baru, berwisata, membeli keperluan terkait hobi Anda, dan sebagainya. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak menjadi boros. Pastikan pengeluaran Anda sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

3. Kemampuan

Kemampuan keuangan dapat Anda ketahui dari perhitungan antara pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulannya, serta pemisahan antara kebutuhan dan keinginan. Ukurlah kemampuan keuangan Anda dan jangan memaksakan untuk membeli sesuatu di luar kemampuan agar tidak memberatkan Anda di masa mendatang. Lakukan perhitungan ini secara disiplin dan konsisten setiap bulannya agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)