Wapres Minta Pembedaan Tarif KRL Diuji Coba Terlebih Dahulu

Kamis, 29 Desember 2022 - 16:47 WIB
loading...
Wapres Minta Pembedaan Tarif KRL Diuji Coba Terlebih Dahulu
Wapres meminta pembedaan tarif KRL diuji coba terlebih dahulu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin meminta agar pembedaan tarif KRL untuk kalangan subsidi dan tidak, dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum diterapkan. Uji coba itu bertujuan untuk melihat respons masyarakat.



"Jadi, karena ini sebagai satu ide yang diterapkan dalam rangka cross subsidy (subsidi silang), pemerintah akan melakukan uji coba lebih dahulu,” ujar Maruf Amin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/12/2022).

Menurutnya uji coba merupakan faktor penting sebelum penerapan kebijakan baru diterapkan. Melalui langkah ini, dapat diketahui kekurangan dan kelebihan dari sebuah rencana dan dapat dilakukan penyempurnaan setelahnya.

"Satu ide yang baik itu kadang-kadang juga perlu, implementasinya perlu dicoba, dipaskan, ditepatkan, sehingga nanti diketahui hal-hal yang perlu diperbaiki,” kata Wapres.

Maruf Amin menilai rencana perubahan skema tarif KRL ini merupakan sebuah upaya baik. Nantinya akan terjadi subsidi silang antara penumpang yang mampu dan penumpang yang berhak menerima subsidi tarif.



"Kalau idenya kan baik, supaya yang kuat itu menolong yang lemah, dan memang pembebanan itu supaya disesuaikan dengan daya pikulnya. Idenya sudah, ya cross subsidy, istilahnya cross subsidy ini, yang kuat membantu yang lemah, itu idenya sudah betul,” lanjutnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2482 seconds (0.1#10.140)