Ganjar Bawa Jateng Jadi Provinsi Pengawasan Pangan Segar Terbaik

Kamis, 29 Desember 2022 - 17:30 WIB
loading...
Ganjar Bawa Jateng Jadi Provinsi Pengawasan Pangan Segar Terbaik
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berhasil membawa Jateng menjadi provinsi terbaik dalam pengawasan pangan segar . FOTO/dok.Istimewa
A A A
WONOSOBO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berhasil membawa Jateng menjadi provinsi terbaik dalam pengawasan pangan segar di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Ganjar menanggapi penghargaan yang diberikan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui OKKP-D Provinsi Jateng.

“Selama ini kami terus mendorong jajaran Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Jateng untuk bekerja maksimal,” kata Ganjar di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Wonosobo, Kamis (29/12/2022).



Tidak hanya itu, Pemprov Jateng juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkompeten di bidang pengawasan pangan segar. OKKP-D merupakan otoritas yang berwenang melakukan pengawasan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) sebelum beredar dan saat berada di pasaran.

Pengawasan yang dilakukan OKKP-D antara lain pengecekan label dan penanganan PSAT yang baik, pengambilan dan pengujian sampel, serta penanganan kasus keamanan pangan. Menurut Ganjar, pengawasan tersebut untuk menjaga keamanan pangan bagi masyarakat. OKKP-D berperan menerbitkan sertifikat mengawasi beredarnya pangan segar asal tumbuhan.

Ganjar menyebut Pemprov Jateng juga melakukan pembinaan kepada OKKP-D kabupaten/kota dan dalam kurun satu tahun sejak 2021, total sudah ada 1.341 izin edar pangan skala kecil (PSAT-PDUK) dan 214 izin usaha skala menengah yang diterbitkan oleh pemerintah kabupaten/kota.



Ganjar mengapresiasi OKKP-D Jateng yang berhasil menjadi terbaik nasional dan pihaknya akan mereplikasi prestasi tersebut pada sektor dan subsektor lain di Jateng. "Maka sebenarnya satu, contoh berhasil tinggal direplikasi. Konsistensi ini penting, inovasinya ini penting. Jadi diharapkan nanti tidak hanya soal cerita penghargaannya, tetapi substansinya termasuk tanaman segar dan sebagainya," ujarnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)