Songsong 2023, Kementan Pantau Stok dan Suplai Pangan di Sumsel

Kamis, 29 Desember 2022 - 21:58 WIB
loading...
Songsong 2023, Kementan Pantau Stok dan Suplai Pangan di Sumsel
Kapusdiktan Idha Widi Arsanti (tiga kanan) bersama Kepala DKPP Pemprov Sumsel Ruzuan Efendi (dua kanan) melakukan sidak di Pasar Sekip Kota Palembang, Sumatera Selatan.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya memastikan ketersediaan (stok) dan suplai pangan pokok pada pasar tradisional dan modern di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Langkah tersebut menyikapi tren peningkatan permintaan konsumen menjelang dan pasca Tahun Baru 2023.

Guna memastikan upaya tersebut, Kementan melalui Satgas Pangan Sumsel, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti didampingi Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni dan jajarannya melakukan monitoring stok dan suplai pangan pada Pasar Km 5 dan Pasar Sekip di Kota Palembang, Kamis (29/12/2022).

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/12/2022), upaya tersebut diawali Rapat Koordinasi (Rakor) Ketersediaan pada 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Rakor dipimpin Kapusdik BPPSDMP Kementan Idha WA bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan (DKPP) Pemprov Sumsel Ruzuan Efendi dan Kepala Dinas Pertanian Pemkot Palembang Sayuti.

(Baca juga:Selama PSBB, Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman)

Kementan khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melakukan pengawalan dan monitoring terhadap ketersediaan stok pangan pokok di Sumsel. Ini merupakan komitmen untuk menjaga dan mengawal ketersediaan 12 pangan pokok menjelang dan pasca Tahun Baru di seluruh Indonesia.

Sebagaimana arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin pada seluruh jajarannya di Kementan untuk turun langsung ke lapangan memantau dan mengawal stok dan suplai pangan, khususnya 12 komoditas pangan strategis menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Tugas Kementan menjaga ketersediaan pangan. Presiden juga minta pada semua menteri dan pihak terkait pertanian, untuk menyiapkan stok dan suplai pangan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi langsung mengerahkan jajaran termasuk penyuluh pertanian memantau harga dan stok pangan di pasar.

(Baca juga:Jamin Stok Pangan Cukup, Pembangunan Lumbung Pangan Baru Dikaji)

“Bahan pangan pokok sangat dibutuhkan menjelang Nataru. Karena itu kita meminta agar seluruh jajaran di pusat dan daerah bekerja efektif dan maksimal untuk memastikan bahan pangan khususnya 12 komoditas pangan strategis tersedia di masyarakat,” kata Dedi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)