Festival Film Bulanan Gerakkan 1.000 Komunitas & Serap 27.000 Tenaga Kerja Kreatif, Sandiaga Uno Bangga

Selasa, 10 Januari 2023 - 13:52 WIB
loading...
Festival Film Bulanan Gerakkan 1.000 Komunitas & Serap 27.000 Tenaga Kerja Kreatif, Sandiaga Uno Bangga
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa lewat festival film bisa tercipta lapangan kerja yang luas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ajang penghargaan bagi sineas daerah, Festival Film Bulanan 2022, telah usai digelar. Masa seleksi selama 10 bulan menghasilkan 20 film terpilih yang terbagi menjadi lima kategori. Dari serangkaian kegiatan terhitung sejak November 2021 hingga November 2022 tercatat setidaknya 1.000 komunitas film yang telah berpartisipasi, hampir 900 film pendek yang terdaftar, dan melibatkan sekitar 27 ribu tenaga kreatif.



Melalui siaran langsung The Weekly Brief with Sandi Uno di kanal YouTube Kemenparekraf pada 9 Januari 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno didampingi Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf Mohammad Amin, dan Shinta Nasution selaku Vice President of Sales Emtek Digital mengumumkan para pemenang.

Penghargaan ‘Ide Cerita Terbaik Festival Film Bulanan 2022’ berhasil dimenangkan oleh film ‘Gemintang’ karya Gresik Movie asal Jawa Timur. Sementara kategori ‘Visual Terbaik Festival Film Bulanan 2022’ dimenangkan oleh film ‘Memorabilia’ karya Jogja Film Academy asal DI Yogyakarta.

Berikutnya, film ‘Cerita di Waktu yang Salah’ karya Vanasea Films asal Jawa Barat sukses meraih penghargaan ‘Audio Terbaik Festival Film Bulanan 2022’. Sementara kategori ‘Dokumenter Terbaik Festival Film Bulanan 2022’ berhasil dimenangkan oleh film ‘Maramba’ karya Etanan Films asal DI Yogyakarta.

Penghargaan ‘Film Terbaik Festival Film Bulanan 2022’ diberikan kepada film ‘Semayam’ karya Maju Jalan Film asal DI Yogyakarta. Selain lima kategori tersebut, Sandiaga juga memberikan penghargaan khusus ‘Sineas Terpantang Menyerah Festival Film Bulanan 2022’.

“Atas kegigihan dan semangatnya yang terus-menerus mendaftarkan karya-karyanya, aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan Festival Film Bulanan sejak Februari hingga November lalu, maka apresiasi ini dipersembahkan kepada Iwi Marahena, sineas muda asal Kota Masohi, Maluku Tengah,” ujar Sandiaga.

Sebagai bentuk apresiasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengirimkan trofi dan mengikutsertakan para pemenang Festival Film Bulanan 2022 ke International Film Market. Sandiaga berharap kemenangan ini bisa menjadi inspirasi, motivasi, dan semangat baru untuk sineas muda Indonesia dalam berkarya,

“Diharapkan perjuangan sineas daerah juga tidak hanya berhenti di sini. Tapi juga bisa membawa harum nama Indonesia di industri film internasional," tutur Sandiaga.

Melalui kegiatan Festival Film Bulanan ini pula diharapkan sineas Indonesia, komunitas film daerah dan seluruh pegiat film Tanah Air, bisa saling bahu-membahu, berkreasi, berkolaborasi menghasilkan karya dan turut andil dalam membangun pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)