Tinjau Pulau Enggano, Menhub Pacu Pengembangan Transportasi di Pulau Terluar

Sabtu, 14 Januari 2023 - 19:29 WIB
loading...
Tinjau Pulau Enggano, Menhub Pacu Pengembangan Transportasi di Pulau Terluar
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini meninjau salah satu pulau terluar di Indonesia yaitu Pulau Enggano di kabupaten Bengkulu Utara, provinsi Bengkulu.

Pulau Enggano dapat diakses melalui udara dan laut. Pulau ini memiliki dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Malakoni dan Pelabuhan Penyeberangan Kahyapu, serta satu bandara yaitu Bandara Enggano.

Menhub meminta agar pelabuhan dan bandara di Pulau Enggano terus dikembangkan untuk memperlancar pergerakan masyarakat maupun distribusi logistik.

“Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun dengan paradigma Indonesia sentris. Kita ingin Enggano dapat terhubung dengan baik seperti daerah lainnya,” kata Menhub dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (14/1/2023).

Menurut Menhub, saat ini sejumlah pembangunan dan pengembangan tengah dilakukan, diantaranya penambahan panjang dermaga Pelabuhan Malakoni dari 70 meter menjadi 100 meter yang ditargetkan rampung di 2023. Dengan penambahan dermaga, pelabuhan ini mampu disandari kapal dengan ukuran lebih besar hingga 3.000 gross ton (GT).

Sementara itu, Bandara Enggano yang telah selesai dibangun pada 2014 lalu juga telah dilakukan sejumlah pengembangan seperti penambahan fasilitas sisi udara maupun sisi darat, akses jalan, serta peningkatan fasilitas keselamatan.

Selain itu, Kemenhub setiap tahunnya memberikan subsidi penerbangan perintis untuk rute Enggano - Bengkulu PP yang dilayani oleh maskapai Susi Air.

Dengan adanya subsidi, tarif penerbangan rute Bengkulu-Enggano menjadi cukup terjangkau yaitu Rp306.920. Sementara, untuk rute Enggano-Bengkulu dibanderol Rp255.320.

“Kami bersama pemerintah daerah berkomitmen untuk terus membangun dan mengembangkan sarana dan prasarana transportasi di Enggano,” tandas Menhub.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2756 seconds (0.1#10.140)