Simak! Tips Aman Pakai Uang Elektronik, Jangan Gunakan Satu PIN untuk Semua

Sabtu, 14 Januari 2023 - 22:10 WIB
loading...
Simak! Tips Aman Pakai Uang Elektronik, Jangan Gunakan Satu PIN untuk Semua
Commercial Partnership Division Head MotionPay Wendy Warisman dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Cashless Society, Aman atau Rawan? yang disiarkan melalui kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/1/2023). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Uang elektronik atau e-money saat ini kian diminati masyarakat dan penggunaannya untuk bertransaksi pun terus meningkat. Agar saldo aman dan data terjaga dari aksi pencurian, konsumen harus paham cara mengamankannya.

Commercial Partnership Division Head MotionPay Wendy Warisman memberikan tips agar aman saat menggunakan platform uang elektronik atau e-money.

Menurut dia, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kredibilitas penyedia platform e-money, pastikan perusahaan tersebut memiliki latar belakang yang baik.

"First think first kita harus tau e-money apa yang akan kita gunakan, kita cek bahwa memang ini e-moneynya background perusahaannya jelas," kata Wendy dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Cashless Society, Aman atau Rawan? yang disiarkan melalui kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/1/2023).



Selanjutnya, usahakan akun e-money yang dibuat didaftarkan menjadi akun premium untuk menjaga keamanan akun agar tidak mudah diretas.

"Untuk menjadi akun premium biasanya akan minta electronic Know Your Customer (e-KYC), itu kalau misalnya pas lagi buat akun premium, kanan kiri atas bawah, nah itu teknologi face matching. Face matching itu ada lifeness, di mana bahwa orang ini adalah memang manusia hidup gitu ya," bebernya.

Wendy juga menghimbau pengguna e-money untuk bijaksana dalam membagikan data pribadi, tidak sembarangan memperlihatkan data-data privasi, agar keamanan akun tetap terjaga.



Kemudian Wendy mengajak masyarakat untuk rajin mengubah kata sandi untuk memastikan keamanan akun, jangan sampai kata sandi yang digunakan sama dalam setiap platform.

"Password-nya sama, aduh itu jangan banget deh kalau bisa, jangan banget PIN ATM, PIN e-money semua sama, aduh jangan banget pokoknya, harus beda walaupun sedikit. Makanya kalau bisa PIN berbeda dan diganti secara berkala," saran dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2553 seconds (0.1#10.140)