Tanggapan Hatta Rajasa soal Penurunan Ekonomi

Sabtu, 16 Mei 2015 - 06:05 WIB
Tanggapan Hatta Rajasa soal Penurunan Ekonomi
Tanggapan Hatta Rajasa soal Penurunan Ekonomi
A A A
JAKARTA - Menanggapi penurunan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun ini, mantan Menko Perekonomian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hatta Rajasa mengatakan, perlu ada kerja keras dari pemerintah Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, pemerintah harus percaya pada kemampuan ekonomi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai penyelamat di saat resesi. “Kita lihat pada krisis ekonomi 1998, sektor UMKM lah yang menjadi sabuk pengaman, sehingga ekonomi kita tidak sampai kolaps,” ujar Hatta kepada Sindonews di Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Dia menuturkan, pemerintahan Jokowi harus melanjutkan program-program yang berorientasi pada rakyat, khususnya pelaku UMKM.

“Pembangunan tol laut dan infrastruktur lainnya penting, tapi memperkuat kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku usaha bawah juga tak kalah mendesak. Jelas dengan UMKM yang kuat, banyak tenaga kerja terserap dan ekonomi selamat. Banyak bukti di negara lain yang menegaskan pentingnya UMKM,” ujar mantan Ketua Umum PAN itu.

Saat ini, banyak UMKM berdiri di Indonesia dan membutuhkan perhatian dari pemerintah. UMKM tersebut sedikit banyak telah mampu bersaing dengan produk luar. "Hal tersebut membuktikan UMKM juga profitable, jadi tak bisa dipandang sebelah mata," terang Hatta.

Sebab itu, UMKM nantinya akan membantu mengembangkan perekonomian berangsur membaik. "Dengan UKM yang berkembang inilah lalu perekonomian kita pastinya sedikit demi sedikit pasti meningkat," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)