Cara Menguji Beras Plastik dari Rachmat Gobel

Kamis, 21 Mei 2015 - 05:47 WIB
Cara Menguji Beras Plastik dari Rachmat Gobel
Cara Menguji Beras Plastik dari Rachmat Gobel
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengimbau masyarakat untuk menguji terlebih dahulu beras yang dibeli di pasar sebelum dikonsumsi. Ini dilakukan untuk menghindari konsumsi beras plastik masuk ke dalam tubuh sehingga membahayakan kesehatan.

‎"Cara mengujinya sederhana. Kita bakar sampel beras tersebut apakah meleleh atau tidak. Jika meleleh itu beras palsu," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Rabu (20/5/2015).

Bos Panasonic Gobel Indonesia ini meminta kepada masyarakat agar segera melapor bila menemukan beras sintetis berbahan plastik beredar di pasaran.‎

"Saya mendapat laporan di Karawang ada (beras plastik), tapi belum diuji coba benar tidaknya. Kalau ada yang kasih tahu saya cek langsung. Kita kerja sama dengan bea cukai dan instansi terkait," imbuhnya.‎

Untuk memastikan beras palsu atau asli, Rachmat mengatakan, telah berkoordinasi dengan Badan POM melakukan pengujian. Saat ini, beberapa sampel beras plastik yang ditemukan tersebut sementara sedang dicek di laboratorium, untuk memastikan apakah beras tersebut dari impor atau tidak.

"Sedang kita cek di laboratorium. Badan POM juga sudah mengambil sampel dari berbagai tempat," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengimbau masyarakat agar mengonsumsi beras dalam negeri untuk menghindari beras palsu. "Cintai produk dalam negeri. Menghindari beras palsu, konsumsi beras dalam negeri," tandasnya.

(Baca: Cari-ciri Beras Palsu dari Plastik)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4024 seconds (0.1#10.140)