Harga Sembako dan Sayuran di Daerah Ini Melejit

Senin, 25 Mei 2015 - 21:26 WIB
Harga Sembako dan Sayuran di Daerah Ini Melejit
Harga Sembako dan Sayuran di Daerah Ini Melejit
A A A
CIAMIS - Sekitar sepekan ini, harga sembako seperti telur ayam dan bawang merah di Pasar Ciamis, Jawa Barat (Jabar) naik drastis. Kenaikan harga tersebut dipicu bukan karena pasokan barang yang minim, melainkan menjelang musim munggahan menyongsong Ramadan.

"Mau bulan puasa, mulai naik harga-harga di Pasar, cabai masih stabil, sekarang yang sudah kelihatan harga telur sama harga bawang merah," ujar pemilik warung nasi di Pasar Ciamis, Oyoh, Senin (25/5/2015).

Sejumlah pedagang sayuran dan telur di Pasar Ciamis ketika dikonfrimasi membenarkan adanya kenaikan harga telur dan bawang merah. Mereka menjelaskan, harga tersebut naik bukan karena pasokan kurang, tetapi karena menjelang musim marema.

"Setiap munggahan kan hampir semua bahan baku sayuran dan sembako di pasar naik, itu tradisi. Nah, kalau tidak kita enggak naikan sekarang, nanti kita belanja malah nombok, karena kalau lagi marema, harga jual dari bandar juga ikutan naik," ujar salah seorang pedagang di kios blok A, Darsi.

Hingga hari ini, posisi harga telur ayam per kilogram mencapai Rp21 ribu dari Rp16 ribu atau mengalami kenaikan Rp5 ribu. Sedangkan harga bawang merah mencapai Rp34 ribu per kg dari sebelumnya Rp25-Rp26 ribu, atau naik sekitar Rp8 ribuan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)