Kendalikan Harga, Kementan Operasi 12 Pasar di Jakarta

Selasa, 16 Juni 2015 - 10:25 WIB
Kendalikan Harga, Kementan Operasi 12 Pasar di Jakarta
Kendalikan Harga, Kementan Operasi 12 Pasar di Jakarta
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) akan lakukan operasi 12 pasar retail di Jakarta dan Depok sebagai upaya mengendalikan harga bahan-bahan kebutuhan pokok seiring meningkatnya permintaan menjelang Ramadan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Spudnik Sujono mengungkapkan, pihaknya akan menggandeng Bulog untuk operasi pasar tersebut.

"Saya baru rapat kemarin dengan Bulog, setiap hari kita lakukan operasi pasar. Dalam tahapan ini, ada di 12 pasar retail. Lokasi-lokasi yang sudah kita investarisir yang kira-kira harga bawangnya dan beberapa kebutuhan pokoknya agak mahal, kita masuk ke sana," ujarnya saat sidak di Pasar Induk Kramat Jati, Selasa (16/6/2015).

Rencananya, operasi pasar retail akan dilakukan dalam 10 hari. Namun jika gejolak harga bahan-bahan pokok tak kunjung mereda, maka operasi pasar retail akan terus dilakukan hingga menjelang lebaran.

"Ini nanti kita lihat dalam 10 hari. Kalau harga bagus, turun, artinya ibu-ibu rumah tangga sudah banyak yang merasa memenuhi stok. Kita geser ke pasar lain," kata dia.

Operasi pasar, sebut Spudnik, dilakukan di Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Palmerah, Cikini, Kampung Bahari, Kalibaru, Grogol, Kramat Jati, Jatinegara, Rawasari, Klender dan Pasar Depok.

"Kita lakukan operasi pasar mulai hari ini. Sebetulnya dari kemarin, cuma saya koordinaksikan langsung ke retail. Kalau ini kan titik pusatnya induk, tidak bisa menjangkau ibu rumah tangga. Jadi kita coba ke retail. Kalau semua ibu rumah tangga sudah punya stok, tentu tidak beli lagi dia. Kalau sudah gitu kan diatur suplai dan demand, permintaan juga terkendali," tutur Spudnik.

(Baca: Harga Bawang Merah Naik, Kementan Bantah Ada Mafia)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4060 seconds (0.1#10.140)