Pengusaha Dapat Diskon Kirim Sembako ke Indonesia Timur

Jum'at, 19 Juni 2015 - 12:43 WIB
Pengusaha Dapat Diskon Kirim Sembako ke Indonesia Timur
Pengusaha Dapat Diskon Kirim Sembako ke Indonesia Timur
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicolas Mandey menuturkan, pihaknya mendapat diskon harga angkut kapal hingga 55% per kontainer dari pemerintah untuk mengangkut barang sembako ke Indonesia Timur.

Hal ini dilakukan dengan mengikuti program Gerai Maritim yang dicanangkan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan. Untuk proyek perintis (pilot project), sebanyak 13 kontainer berisi barang kebutuhan pokok menuju Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

"‎Kita dapat subsidi biaya pengangkutan dari pemerintah, dalam hal ini perdagangan dan perhubungan," tuturnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Dia menuturkan, ongkos pengiriman barang biasanya dipatok Rp43 juta hingga Rp45 juta per kontainer. Namun, Gerai Maritim ini membuat pengusaha hanya membayar 45% dari harga resmi.

"Per kontainer kita hanya bayar 45%, diskonnya 55%. Kalau harga resminya per kontainer Rp43 juta hingga Rp45 juta," jelas Roy.

Menurutnya, keikutsertaan Hypermart sebagai salah satu anggota asosiasi menjadi langkah nyata mendukung program pemerintah dalam mengurangi disparitas harga barang kebutuhan pokok di belahan nusantara.

"Ini adalah pilot project pertama kalinya, dan nanti akan diikuti anggota lainnya dan trayek-trayek lainnya. ‎Keuntungannya bantu masyarakat. Harga komoditas di Jakarta bisa sama di daerah tempat yang kita kirim," pungkasnya.

Baca:

Disparitas Harga Ditarget Turun di Bawah 13,5%

Turunkan Disparitas Harga, Gerai Maritim Diluncurkan

(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3472 seconds (0.1#10.140)