Konversi BBM ke Gas, PGN Kelola Jargas 11 Kota

Kamis, 20 Agustus 2015 - 15:29 WIB
Konversi BBM ke Gas, PGN Kelola Jargas 11 Kota
Konversi BBM ke Gas, PGN Kelola Jargas 11 Kota
A A A
JAKARTA - Pemerintah memberikan mandat kepada PT PGN (persero) untuk mengelola 11 jaringan gas (jargas) di sejumlah kota atau setingkat kabupaten.

Sebanyak 11 kota tersebut, di antaranya Jawa Tengah, Jabodetabek, Kabupaten Bogor, Kota Cirebon, Kota Palembang, Kota Surabaya, Kota Depok, Kota Tarakan, Kota Bekasi, dan Kabupaten Sorong.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan bahwa mandat tersebut diberikan kepada PGN untuk mendorong percepatan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas.

Di samping itu, PGN dinila telah berpengalaman dalam mengelola dan menyalurkan gas bumi bagi rumah tangga.

“Saya senang karena PGN agresif membangun jaringan gas. Ini membuat percepatan konversi menuju energi bagi masyarakat yang ramah lingkungan,” ujar dia di Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Terkait alokasi gas, pihaknya meminta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) menyiapkan alokasi gas bumi untuk jaringan gas rumah tangga sesuai dengan realisasi volume penyediaan dan distribusi.

Sementara Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso menyambut baik mandat yang diberikan pemerintah untuk mengelola dan mengoperasikan jargas rumah tangga ini. Pihaknya siap melaksanakan mandat dari Kementerian ESDM.

“Berdasarkan pengalaman kami selama ini menyalurkan gas bumi untuk rumah tangga maka kami selalu siap mendapatkan penugasan dari pemerintah,” jelasnya.

Dia mengatakan, PGN sejak 1974 telah menyalurkan gas untuk pelanggan rumah tangga di Cirebon, Jawa Barat. Saat ini, lanjut dia, Cirebon merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang sudah menikmati gas bumi untuk rumah tangga dari PGN.

Tidak hanya itu, di wilayah Jawa Barat lainnya, PGN juga telah mendistribusikan gas di Bekasi dan Bogor. Selain itu, gas rumah tangga juga sudah terdistribusi di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan dan Banten.

Dalam rangka memperluas pemanfaatan gas bumi bagi rumah tangga, PGN juga meluncurkan program PGN “Sayang Ibu” dengan menambah jumlah pelanggan rumah tangga hingga 1 juta pelanggan.

“Dengan demikian, kami akan selalu siap untuk memperluas pemanfaatan gas bumi untuk masyarakat,” tutup Hendi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6989 seconds (0.1#10.140)