Pelni Luncurkan Dua Kapal untuk Tol Laut Bulan Depan

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 14:11 WIB
Pelni Luncurkan Dua Kapal untuk Tol Laut Bulan Depan
Pelni Luncurkan Dua Kapal untuk Tol Laut Bulan Depan
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pelni (Persero) Elfien Goentoro mengatakan, perseroan akan meluncurkan dua unit kapal baru untuk mendukung program tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan depan.

Dia menjelaskan, dua kapal tersebut bagian dari enam kapal yang disiapkan untuk program tol laut. Saat ini sedang mengurus perizinan di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab).

"Dari enam (kapal), baru dua kapal untuk tugas. Sedang lakukan head agreement dan MoU dengan Kemensetneg dan Setkab. Segera turun September, sudah siap," ujarnya di Jakarta, Jumat (28/8/2015). (Baca: Pelni Siapkan Enam Kapal Dukung Tol Laut Jokowi)

Dia menambahkan, investasi yang disiapkan untuk keenam kapal tersebut sebesar Rp500 miliar. Adapun pihaknya masih menunggu Penyertaan Modal Negara (PMN) cair sepenuhnya.

"PMN belum turun, tunggu dana dari PMN. Rp500 miliar untuk enam kapal. Kedua kapal dengan tujuan angkut ke Nusa Tenggara Barat dan Papua," pungkasnya.

Sekedar diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan berjanji bakal memberikan subsidi untuk enam kapal angkutan barang terjadwal. Saat ini, proyek perintis (pilot project) Gerai Maritim yang baru diluncurkan masih menggunakan kapal penumpang KM Gunung Dompu dari Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kemenhub menetapkan untuk memberikan subsidi perintis untuk angkutan barang terjadwal enam kapal yang akan dilayani," tuturnya. (lly)

Baca juga:

Kini, Bayar Tiket Kapal di Batam Tanpa Loket

Bayar Tiket Pelni Sudah Bisa di ATM BRI

(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3306 seconds (0.1#10.140)