WIKA Rampungkan Pembangunan Waduk Jatigede

Senin, 31 Agustus 2015 - 23:27 WIB
WIKA Rampungkan Pembangunan Waduk Jatigede
WIKA Rampungkan Pembangunan Waduk Jatigede
A A A
JAKARTA - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berhasil merampungkan pembangunan Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, yang kontranya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Corporate Secretary Wijaya Karya Suradi mengatakan, proyek bendungan terbesar kedua di Indonesia ini telah dibangun WIKA bersama sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya.

"Diproyeksikan bendungan ini akan mampu menampung air sekitar 1 miliar meter kubik serta berpotensi mengairi sawah sekitar 100 ribu hektare," kata Suradi dalam rilisnya di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Suradi menjelaskan, jika sebelumnya persawahan yang berada di sekitar kawasan waduk mampu panen sekali dalam setahun, maka dengan adanya irigasi dari Waduk Jatigede ini, panen dapat ditingkatkan menjadi tiga kali setahun.

"Meningkatnya frekuensi panen tentu saja akan berdampak pada tambahan produksi padi yang jumlahnya diprediksi mencapai 900 ribu ton per tahun," jelas dia.

Selain sebagai sumber irigasi, Waduk Jatigede juga bisa digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber air baku. Potensi listrik yang dihasilkan mencapai 110 megawatt (MW).

Manfaat lain yang dapat dioptimalkan dengan berdirinya Waduk Jatigede kelak adalah pembudidayaan ikan tangkap dengan pengaturan yang lebih seksama sehingga tidak mengganggu kualitas air sebagai bahan baku air baku rumah tangga.

Sebagai catatan, proyek Waduk Jatigede dimulai pada 2007. Pembangunannya dilakukan oleh perusahaan konstruksi bendungan ternama asal China, Sinohydro dan WIKA bersama tiga BUMN lain yang tergabung dalam Consortium of Indonesian Contractors (CIC)

"Pada proyek ini, konsorsium Indonesia memiliki skup pekerjaan antara lain, pembangunan dam, diversion tunnel, spillway and irigasi outlet serta power waterway," paparnya.

(Baca Juga: Menteri Basuki Resmikan Penggenangan Waduk Jatigede)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0820 seconds (0.1#10.140)