BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Banten 5,6%

Sabtu, 05 September 2015 - 12:28 WIB
BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Banten 5,6%
BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Banten 5,6%
A A A
SERANG - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten mengalami perlambatan dari sebelumnya 5,43% (yoy) pada kuartal I/2015 menjadi 5,26% (yoy) pada kuartal II/2015.

"Meskipun mengalami perlambatan, BI Banten perkirakan pertumbuhan ekonomi Banten pada kuartal III/2015 berada di angka 5,5%-5,6%, sementara akhir 2015 di angka 5%," ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Budi Hartato Setyawan di Serang, Banten, kemarin.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi provinsi Banten dilakukan dengan memperbaiki infrastruktur, dan memperbaiki dan membenahi layanan pariwisata, serta mempromosikan tempat-tempat wisata yang bagus dan menarik yang ada di Banten.

"Dengan begitu, dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Banten, sehingga bisa membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di Banten," terangnya.

Di samping itu, BI juga mengadakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin. Kali ini, Bank Indonesia membangun perpustakan BI dengan nama BI Corner.

Pembukaan peresmian BI Corner ditandai dengan penandatangan kesepakatan MoU antara Bank Indonesia dengan pihak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin.

BI Corner merupakan perpustakaan mini yang menyediakan sekitar dua ratus jenis buku ekonomi seperti bisnis, perbankan, managemen ekonomi Islam, perbankan syari'ah, hukum perbankan, perpajakan, ensiklopedia dan masih banyak lainnya.

Selain itu, BI Corner juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti komputer dan televisi (Audio Visual) untuk menunjang informasi dan memberikan kenyamanan bagi mahasiswa.

Melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) bertajuk Program Sosial Indonesia Cerdas, keberadaan BI Corner bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanudin tentang ekonomi dan dunia perbankan.

"Diharapkan, dengan dibangunnya BI corner di perguruan tinggi maka dapat memperkuat edukasi pada masyarakat serta mensosialisasi agar masyarakat lebih mengenal Bank Indonesia lebih dekat," terang Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara.

Dia menargetkan, sampai akhir 2015 diharapakan sudah ada sekitar 100 BI corner diberbagai perpusatakan di seluruh Indonesia. Sedangkan tahun 2020, ditargetkan sudah ada sekitar 1.000 BI corner.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9058 seconds (0.1#10.140)