The Fed Kembali Tunda Naikkan Suku Bunga

Jum'at, 18 September 2015 - 05:11 WIB
The Fed Kembali Tunda Naikkan Suku Bunga
The Fed Kembali Tunda Naikkan Suku Bunga
A A A
WASHINGTON - Pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) memutuskan kembali menunda kenaikan suku bunga di tengah inflasi yang masih rendah, ketidakpastian perekonomian global, dan gejolak pasar keuangan.

"Perkembangan ekonomi dan keuangan global terbaru dapat menahan kegiatan ekonomi dan cenderung memberikan tekanan ke bawah lebih lanjut tentang inflasi dalam waktu dekat," ujar Komite Pasar Terbuka Fed dalam sebuah pernyataan di Washington, Kamis (17/9/2015) waktu setempat.

Dilansir dari Bloomberg, masih bertahannya tingkat suku bunga acuan mendekati nol, tepatnya 0,25%, menunjukkan bahwa pembuat kebijakan masih belum yakin inflasi akan bergerak secara bertahap kembali ke target 2%.

Bahkan, meskipun ada keuntungan lanjutan di pasar tenaga kerja dengan angka pengangguran pada Agustus lalu turun menjadi 5,1%, terendah sejak April 2008.

"Pada keseimbangan, indikator pasar tenaga kerja menunjukkan bahwa underutilization sumber daya tenaga kerja telah berkurang sejak awal tahun ini," pungkas pernyataan tersebut.

Seperti diketahui, terakhir The Fed menaikkan suku bunga pada Juni 2006. Bank Sentral Amerika itu kemudian mematok mematok suku bunga pada garis 0% sejak akhir 2008, seiring melemahnya pertumbuhan (resesi) negara tersebut dan gejolak ekonomi global.

Baca juga:

Tunggu Keputusan The Fed, Saham di AS Pilih Bermain Aman

The Fed Diprediksi Tahan Suku Bunga akibat Konsumsi Lesu
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5916 seconds (0.1#10.140)