Pertumbuhan AS Kuartal II Lebih Kuat Sinyal Kenaikan Suku Bunga

Sabtu, 26 September 2015 - 14:32 WIB
Pertumbuhan AS Kuartal II Lebih Kuat Sinyal Kenaikan Suku Bunga
Pertumbuhan AS Kuartal II Lebih Kuat Sinyal Kenaikan Suku Bunga
A A A
WASHINGTON - Ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal II 2015 tumbuh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, didorong belanja konsumen dan konstruksi yang kuat. Hal tersebut mendukung rencana kenaikan suku bunga bank sentral AS (Federal Reserve AS/The Fed) sebelum akhir tahun ini.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (26/9/2015), Departemen Perdagangan AS melaporkan produk domestik bruto (PDB) naik dengan kecepatan tahunan 3,9% pada kuartal April-Juni, lebih tinggi dari kecepatan 3,7% yang dilaporkan bulan lalu.

Data ini mendukung kasus bahwa ekonomi AS mungkin mendapatkan cukup kekuatan untuk menaikkan suku bunga acuan dari rekor terendah, meskipun masih ada kekhawatiran atas situasi ekonomi global.

Namun, banyak ekonom memperkirakan kecepatan lebih dingin pada pertumbuhan kuartal III. Kondisi tersebut melihat data terpisah yang menunjukkan pertumbuhan lebih lambat di sektor layanan dan penurunan sentimen konsumen pada September.

Seperti diketahui, Federal Reserve AS pekan lalu kembali menahan kenaikan suku bunga, namun Janet Yellen (ketua The Fed) menyatakan kenaikan tahun ini terbuka lebar selama inflasi tetap stabil dan pertumbuhan cukup kuat untuk meningkatkan lapangan kerja.

"Ada banyak hal, seperti sisi domestik ekonomi pada semester kedua tahun ini, meskipun semua melihat global," kata Jacob Oubina, ekonom senior RBC Capital Markets di New York.

"Jika perekonomian domestik memegang di sana, (pembuat kebijakan Fed) akan ada kenaikan (suku bunga) pada bulan Desember," tambahnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6165 seconds (0.1#10.140)