11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros

Senin, 05 Oktober 2015 - 06:06 WIB
11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros
11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros
A A A
Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forums's/WEF) baru-baru ini merilis Global Competitiveness Survey, yang memberikan sejumlah indikator untuk menunjukkan kesehatan lembaga negara.

Salah satu indikator yang ditunjukkan adalah pemborosan pada anggaran belanja pemerintah. WEF menggunakan survei opini eksekutif untuk bertanya mengenai sejauh mana pemerintah negara Anda efisien dalam membelanjakan uang dari masyarakatnya.

Jadi ukuran tersebut tidak didasarkan pada ukuran ekonomi atau akuntansi objektif, melainkan persepsi penduduk. Negara-negara tersebut diperingkat dari 1 hingga 140.

Hanya 34 negara di dalam Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD), yang semuanya dianggap negara maju dengan sistem demokrasi. Dari sejumlah negara itu, ada 11 negara terkaya yang memiliki belanja publik terboros dibanding negara lainnya, seperti dikutip dari Business Insider:

11. Australia


Negari berjuluk negeri Kanguru ini masuk dalam peringkat 50 dalam daftar tersebut. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), telah terjadi pemborosan fiskal di negara itu pada tahun 2003 dan 2005-2007.

10. Austria

11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros


Pada 2014, pelajar membangun sebuah kota model yang disebut "Hypotopia" untuk memprotes bailout bank Austria Hypo Alpe Adria, yang terjadi pada tahun 2009.

9. Korea Selatan

Pada tahun 2010, Korea Selatan memutuskan rencana untuk memindahkan sebagian dari pemerintah keluar dari Seoul, setelah itu pemerintah dikritik melakukan pemborosan. Negara ini berada di peringkat 70 dalam daftar ini.

8. Prancis

Pemerintah Presiden Perancis Francois Hollande telah berusaha untuk mengurangi limbah, mengelontorkan miliaran euro dengan memangkas subsidi selama 2013.

7. Amerika Serikat (AS)

Gerakan US Tea Party muncul sebagian berasal dari partai oposisi terhadap hukum stimulus era krisis keuangan AS, yang mendorong pengeluaran dalam upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi yang sakit.

6. Israel

Banyak warga Israel menentang subsidi yang diberikan kepada orang-orang Yahudi ultra-ortodoks karena sebagian besar dari mereka tidak bekerja di profesi yang dibayar. Negara ini berada di urutan 79 dari 140.

5. Portugal

11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros


Negara ini adalah salah satu dari segelintir negara di Eropa yang didorong untuk menjauh dari pemborosan oleh kreditor internasional.

4. Spanyol

11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros


Bandara Spanyol telah menjadi simbol dari pemborosan pemrintah Spanyol, di mana pembangunan konstruksi skala besar dilakukan hingga terjadi krisis keuangan. Bandar usara Ciudad Real Central, dengan biaya lebih dari 1 miliar euro, baru-baru ini dijual hanya dengan harga 10.000 euro.

3. Slovakia

Dana Moneter Internasional baru-baru ini menyarankan untuk mengurangi inefisiensi dalam sistem kesehatan Slovakia untuk bisa menghemat anggaran hingga 3,5% dari produk domestik bruto (PDB).

2. Yunani

11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros


Meskipun program penghematan yang dilakukan negeri para Dewa itu sangat besar, Yunani merupakan satu dari beberapa dunia yang paling boros dan berada di tempat 128 dari 140 negara.

1. Italia

11 Negara Terkaya dengan Belanja Publik Terboros


Negara ini berada di posisi teratas, di mana Italia melakukan pemborosan dalam belanja publik lebih besar dibanding Zimbabwe. Hanya lima negara di dunia yang berpikir bahwa belanja pemerintah mereka sendiri lebih boros dari Italia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7510 seconds (0.1#10.140)