Cegah Capital Outflow, OJK Lakukan Ini

Senin, 05 Oktober 2015 - 14:34 WIB
Cegah Capital Outflow, OJK Lakukan Ini
Cegah Capital Outflow, OJK Lakukan Ini
A A A
PADANG - Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengemukakan, tidak hanya Indonesia yang mengalami capital outflow alias dana asing keluar dari dalam negeri, tapi juga melanda beberapa negara ASEAN lain.

"Negara lain, Filipina, Thailand, mereka juga mengalami capital outflow," ujarnya di Padang, Senin (5/10/2015).

Pencegahan yang dilakukan OJK agar dana asing tidak keluar, Nurhaida menjelaskan, akan terus melakukan pendalaman pasar. Selain itu, membuat kondisi market menjadi menarik bagi investor asing.

"Apa yang kita lakukan cegah (capital outflow) itu dengan beberapa kebijakan investasi yang bagus di Indonesia untuk mengembangkan market-nya, sehingga aman, sesuai ketentuan dan fair," jelas dia.

Nurhaida menyampaikan, meskipun pertumbuhan ekonomi di Tanah Air lebih stabil, masih banyak unsur yang mempengaruhi dana asing.

"Prediksi pasar modal ke depan juga ditentukan oleh rumor, bisa pengaruhi harga, selain fundamental yang secara long term (jangka panjang)," katanya.

Sementara pengaruh rumor untuk jangka pendek, dia menjelaskan, bisa berasal dari luar negeri, seperti investor asing yang masih menunggu data atau sentimen yang datang.

"Short term bisa ada unsur teknikal, rumor, isu di luar (asing) yang wait and see dulu, itu bisa saja," pungkas Nurhaida.

Baca:

BEI Ingatkan Gubernur BI Dana Asing Ada Rp1.500 Triliun

OJK Temukan Investasi Emas Bodong di Padang
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7983 seconds (0.1#10.140)