ESDM: Seharusnya PLN Tunggu Penetapan Komisaris Utama

Kamis, 05 November 2015 - 06:09 WIB
ESDM: Seharusnya PLN Tunggu Penetapan Komisaris Utama
ESDM: Seharusnya PLN Tunggu Penetapan Komisaris Utama
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyayangkan sikap direksi PT PLN (Persero) yang melantik empat direksi baru tanpa menunggu penetapan komisaris utama (komut).

Menurutnya, kendati tidak ada keharusan bagi perseroan menunggu komisaris utama, namun karena persoalan akan adanya komisaris utama PLN yang baru telah diketahui direksi, maka sudah selazimnya ‎direksi menunggu pelantikan komisaris utama tersebut.

"‎Sebetulnya tidak ada keharusan menunggu komut. Karena komisaris yang ada kan juga masih ada. Cuma lazimnya karena sudah akan tahu akan ada komut yang baru, seharusnya dirut itu menunggu komut baru dilantik kemudian konsultasi," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Sebab, lanjut dia, penunjukan direksi dalam satu perusahaan merupakan aspek strategis yang sebaiknya dikonultasikan terlebih dahulu dengan komisaris. "Setahu saya ada proses dimana pengusulan direksi itu lewat diskusi dengan komisaris," imbuhnya.

Untuk itu, lanjut mantan Bos Pindad ini, pihaknya akan menunggu konfirmasi dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terkait persoalan tersebut. "‎Saya enggak tahu. Makanya saya nunggu Bu Rini pulang, nanya background-nya," tandasnya.

Sekadar informasi, pekan lalu BUMN kelistrikan melantik empat direksi baru di tubu‎h perseroan. Berikut daftar 4 direksi baru PLN:

- Muhammad Ali, sebelumnya Kepala Kantor Wilayah BRI Yogyakarta
- Djoko Abu Manan, sebelumnya General Manager PLN wilayah Jawa Barat dan Banten
- Machnizon Masri, sebelumnya General Manager PLN Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
- Haryanto WS, sebelumnya General Manager PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4488 seconds (0.1#10.140)