Bos BNI Berharap BI Rate Turun

Rabu, 25 November 2015 - 11:26 WIB
Bos BNI Berharap BI Rate Turun
Bos BNI Berharap BI Rate Turun
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Achmad Baiquni menginginkan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan (BI rate) guna mengimbangi penyaluran kredit perbankan 2016.

"Kita harap acuan suku bunga turun, BI rate turun," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Baiquni menjelaskan, tahun depan perbankan akan mulai gencar dalam menyalurkan kredit, sehingga faktor pemangkasan BI rate cukup menentukan.

"Ini tidak bisa lihat seperti itu, lihat juga kondisi liquiditasnya, tahun depan bank mulai agresif dalam salurkan kredit. Ini akan pengaruhi likuiditas perbankan," jelasnya.

Dia memperkirakan, BI tetap akan bisa menjaga likuiditas perbankan tahun depan agar tetap stabil dengan relaksasi penurunan bunga giro wajib minimum (GWM)

"BI akan jaga stabilitas tapi sebenernya dalam perjalanannya ada sinyal dengan penurunan bunga GWM. BI mulai relaksasi, yang namanya menjamin pertumbuhan, stabilitas tetap diupayakan kan," kata Baiquni.

Dampak penurunan BI rate, lanjut dia, akan menambah kemampuan bank dalam melakukan ekspansi pertumbuhan kredit dan cost of fund menurun.

"Kemampuan bank ekspansi kredit bertambah, cost of fund menurun. Saat ini cost of fund kita 3,5%-3,8%, kita jaga di situ hingga akhir tahun," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6206 seconds (0.1#10.140)