Bank Mandiri Siap Biayai Pembelian Saham Freeport

Jum'at, 29 Januari 2016 - 12:58 WIB
Bank Mandiri Siap Biayai Pembelian Saham Freeport
Bank Mandiri Siap Biayai Pembelian Saham Freeport
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) siap jika ditunjuk untuk membiayai pembelian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Namun, masih menunggu perkembangan transaksi antara pemerintah dan perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansury mengatakan, pihaknya belum tahu besaran pinjaman yang akan diberikan kepada PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau PT Inalum guna membeli saham Freeport Indonesia.

"Kita belum tahu sampai saat ini. Kita dengar saja nanti bagaimana perkembangan transaksinya," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Menurutnya, rencana pembelian saham Freeport oleh pemerintah saja belum diketahui kepastiannya karena masih dalam proses tawar-menawar. Karena itu, Bank Mandiri menunggu hasil negosiasi ini.

"Kita dengar saja rencana pembeliannya sendiri saja kan belum diketahui. Saya rasa bukan disuruh ya, kita belum tahu, nanti kita tunggu dulu bagimana pemerintah punya rencana untuk itu," kata dia.

Pahala menjelaskan, jika nantinya pengurangan (divestasi) sebagian saham Freeport Indonesia akan diserap pemerintah tidak semuanya lewat pinjaman. Bank Mandiri masih akan melihat bentuk transaksi dan valuasinya.

"Tapi kan gini, nanti kalau ada pembelian tidak seluruhnya gunakan pinjaman semua. Kita lihat gimana struktur transaksinya dan valuasinya seperti apa. Kita belum ada komentar dulu karena tidak tahu transaksinya seperti apa," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6475 seconds (0.1#10.140)