Daftar Miliarder yang Jatuh Miskin

Sabtu, 13 Februari 2016 - 06:09 WIB
Daftar Miliarder yang Jatuh Miskin
Daftar Miliarder yang Jatuh Miskin
A A A
TAK hanya perusahaan, miliader di dunia pun tidak lepas dari masalah kebangkrutan dengan penyebab beragam. Terbebani utang, gaya hidup berfoya-foya hingga krisis ekonomi global menjadi penyebab orang-orang tajir ini akhirnya bangkrut dan jatuh miskin

Dilansir dari Koran SINDO, berikut beberapa miliarder dunia yang jatuh miskin: (Baca: Kasus Kebangkrutan Perusahaan Besar di Dunia)

Alberto Vilar

Pada 1979, Alberto Vilar membuat perusahaan investasi, Amerindo. Perusahaan ini memiliki nilai USD1 miliar (Rp13,5 triliun). Pada 2008, Vilar dihukum dalam kasus pencucian uang dan dibui 9 tahun.

Sean Quinn

Pada 2008, Sean Quinn diketahui sebagai orang terkaya di Irlandia dengan harta USD6 miliar (Rp81 triliun). Namun pada 2011, Quinn mengajukan kebangkrutan. Pada 2 November 2012, Quinn masuk penjara di Dublin, Irlandia.

Björgólfur Guðmundsson

Guðmundsson adalah mantan pemegang saham mayoritas di Landsbanki, bank kedua terbesar di Islandia. Akibat krisis global, Guðmundsson kehilangan USD1,1 miliar (Rp15 trilun). Ia bangkrut pada Juli 2009.

Allen Stanford

Stanford merupakan chairman di Stanford Financial Group. Pada 2012, dia dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena penipuan. Atas kerugian yang mencapai USD7 miliar (Rp95 triliun), Stanford dikenai hukuman 110 tahun.

Eike Batista

Miliader asal Brazil ini pernah tercatat sebagai orang terkaya ke-8 dunia dengan kekayaan USD34,5 miliar (Rp392,6 triliun). Namun siapa sangka hanya dalam setahun, Batista dinyatakan bangkrut. Dia tak hanya kehilangan uangnya, tapi juga memiliki sejumlah utang.

George Foreman

George Foreman terkenal sebagai petinju dan mencetak penghasilan USD250 juta. Di usia 45, petinju legendaris ini diambang kebangkrutan karena hidup boros.

Jordan Belfort

Jordan Belfort dikenang sebagai pialang saham. Belfort jatuh bangkrut karena terlibat penipuan dan dihukum dua tahun penjara.

Willie Nelson

Willie Nelson adalah salah satu nama paling dikenal di industri musik country. Namun siapa sangka ternyata Nelson pernah bangkrut dan memiliki utang hingga USD17 juta.

MC Hammer

MC Hammer meraih ratusan juta dolar AS (USD) dalam kariernya sebagai penyanyi rap terkenal. Sayang, dia menghabiskan hartanya dengan cepat. Dia dilaporkan berutang hampir USD800.000 dan juga pajak.

Patricia Kluge

Salah satu korban krisis ekonomi 2008 adalah Patricia Kluge. Istri dari mendiang miliarder John Kluge ini bangkrut saat krisis real estate melanda Amerika Serikat. Properti yang dimilikinya terpaksa harus ditutup.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4167 seconds (0.1#10.140)