Pusat Logistik Berikat Bakal Beroperasi 24 Jam

Senin, 04 April 2016 - 14:54 WIB
Pusat Logistik Berikat Bakal Beroperasi 24 Jam
Pusat Logistik Berikat Bakal Beroperasi 24 Jam
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Heru Pambudi mengungkapkan Pusat Logistik Berikat (PLB) ke depannya akan beroperasi non stop atau 7X24 jam. Hal ini lantaran, kegiatan logistik tidak mengenal jam kerja.

Dia menuturkan, layanan di PLB ke depannya ak‎an mirip seperti Indomaret dan Alfamart yang beroperasi 24 jam. Rencana tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap dan dimulai dengan salah satu PLB terlebih dahulu.

"Karena logistik tidak kenal jam kerja.‎ Misal saya punya pabrik baju, terus jarum jahitnya patah. Saya tidak mungkin menunggu Senin kalau patahnya Jumat," katanya di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (4/4/2016).

(Baca Juga: Bangun Pusat Logistik Berikat, Jokowi Ingin Tiru Dubai)

Lanjut dia sebelumnya industri yang berada di Sukabumi, Cianjur, ataupun Majalengka harus mengutus orang untuk ke Singapura dan Hongkong hanya untuk membeli suku cadang (sparepart) yang mereka butuhkan. Karena, di Indonesia belum ada supermarket yang menampung produk bahan baku yang mereka butuhkan.

"Karena disini (Indonesia) tidak ada supermarketnya. Jadi kita pindahkan ke sini. 7X24 jam," imbuh dia.

(Baca Juga: Pusat Logistik Berikat Dinilai Dongkrak Daya Saing Investasi)

‎Tak hanya itu, sambung Heru, kemudahan lain yang didapatkan pengusaha dengan adanya PLB ini adalah proses perizinan "one stop". Jadi, pengusaha tidak perlu repot mengurus laporan surveyor (LS) ke luar negeri dan cukup melakukannya di PLB yang ada di Tanah Air.

"Misalnya kalau yang sebelumnya jika ingin impor mesin harus bikin surveyornya di luar negeri, sekarang bisa bikin LS nya itu di PLB. Bawa aja mesinnya disini, tidak usah dicek disana. Kalau lulus ya impor, kalau tidak akan dibalikin," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)