BI Repo Rate Bakal Pengaruhi Langsung Suku Bunga Bank

Kamis, 21 April 2016 - 14:52 WIB
BI Repo Rate Bakal Pengaruhi Langsung Suku Bunga Bank
BI Repo Rate Bakal Pengaruhi Langsung Suku Bunga Bank
A A A
JAKARTA - Kebijakan baru Bank Indonesia (BI) dalam menentukan suku bunga acuan yakni BI 7-days Reverse Repo Rate dinilai akan membuat BI bisa memengaruhi langsung tingkat bunga karena tenornya singkat dan mendekati kenyataan situasi pasar. Direktur Keuangan & Treasury PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), Pahala N Mansury mengatakan, perubahan kebijakan acuan suku bunga akan didasari transaksi di pasar.

"Tujuannya untuk memungkinkan BI punya pengaruh langsung ke tingkat bunga pasar, khususnya karena dengan perubahan policy rate ini tentunya akan benar-benar didasarkan pada transaksi di market," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Dia menjelaskan transaksi reverse repo rate yang dilakukan BI jadi bentuk pelaksanaan operasi moneter yang lebih terasa untuk pasar keuangan Indonesia. "Dalam hal ini transaksi reverse repo yang dilakukan BI jadi transmisi pelaksana operasi moneter bisa lebih konkret dilakukan BI," kata dia.

Menurutnya hingga Agustus nanti acuan BI rate tetap bisa dipakai sehingga acuannya masih tetap bergantung terhadap angka inflasi serta defisit transaksi berjalan. Dia menjelaskan, kondisi defisit transaksi berjalan semakin baik dan juga inflasi dalam situasi menurun maka kemungkinan ada ruang bagi BI untuk menurunkan kembali suku bunga acuan.

"Kalau lihat kondisi saat ini, sebetulnya transaksi berjalan pelan-pelan semakin membaik, inflasi menurun. Ruang untuk itu ada, kalau kemarin 75 bps, ruang penurunannya tidak seperti sebanyak sebelumnya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4155 seconds (0.1#10.140)