Pertumbuhan Ekonomi Jepang Kuartal I Diperkirakan Stagnan

Senin, 09 Mei 2016 - 14:16 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Jepang Kuartal I Diperkirakan Stagnan
Pertumbuhan Ekonomi Jepang Kuartal I Diperkirakan Stagnan
A A A
TOKYO - Ekonomi Jepang pada kuartal pertama tahun ini diperkirakan hampir tidak tumbuh. Ini seperti jajak pendapat Reuters hari ini, akibat pengeluaran konsumen stagnan dan pasar keuangan goyah.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/4/2016), produk domestik bruto (PDB) telah berkembang pada tingkat tahunan 0,2% pada Januari-Maret, menurut jajak pendapat dari 19 analis, setelah kontraksi 1,1% pada periode Oktober-Desember.

Para pengamat mengatakan, sedikit pertumbuhan karena hari ekstra di kuartal dari tahun kabisat dan ekonomi mungkin dikontrak tanpa faktor itu. "Data PDB mungkin akan menunjukkan ekonomi yang sebenarnya tidak memiliki kekuatan," kata Takumi Tsunoda, ekonom senior di Shinkin Central Bank.

"Ada tanda-tanda kenaikan ekspor dan perusahaan menjaga rencana belanja modal, yang mendukung perekonomian, sementara belanja pribadi tetap terhenti," imbuhnya.

Jajak pendapat menemukan konsumsi swasta, yang menyumbang sekitar 60% dari PDB, kemungkinan tumbuh 0,2% pada kuartal pertama setelah pada kuartal sebelumnya jatuh 0,9%. Belanja modal turun 0,8% setelah naik 1,5% dan permintaan eksternal berkontribusi 0,1%, menurut jajak pendapat itu.

Jajak pendapat analis juga menemukan bahwa saldo rekening saat ini, yang akan dipublikasikan pada 12 Mei, diharapkan surplus 3,0 triliun yen (USD27,95 miliar) pada Maret, surplus terbesar sejak Maret 2007.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7447 seconds (0.1#10.140)