Imigrasi Soekarno-Hatta Akhirnya Selesai Clearance Penumpang Lion Air

Kamis, 19 Mei 2016 - 20:32 WIB
Imigrasi Soekarno-Hatta Akhirnya Selesai Clearance Penumpang Lion Air
Imigrasi Soekarno-Hatta Akhirnya Selesai Clearance Penumpang Lion Air
A A A
TANGERANG - Seluruh penumpang Lion Air JT 161 rute Singapura-Jakarta yang lolos dari pemeriksaan Imigrasi dan Bea Cukai di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/5/2016) lalu, akhirnya selesai di-clearance (pemeriksaan data/dokumen perjalanan penumpang) petugas Kantor Imigrasi.

Sebelumnya disebutkan dari total 182 penumpang, ada 16 orang yang lolos pemeriksaan Imigrasi akibat kesalahan bus Lion Air mengatar penumpang internasional ke terminal domestik.

"Semua penumpang sudah dilakukan clearance terhitung hari ini. Adapun yang terakhir warga negara Hungaria," ujar Kabid Pendaratan dan Izin Masuk Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta I Gusti Bagus kepada Sindonews, Kamis (19/5/2016).

(Baca: Pemerintah Akhirnya Jatuhkan Sanksi ke Lion Air dan Air Asia)

Dia mengatakan, sejak Jumat (13/5/2016) lalu usai bertemu dengan semua instansi terkait, pihaknya langsung berinisiatif mengabari pihak Lion Air agar dibantu untuk dicarikan data penumpang yang tidak melalui pemeriksaan Imigrasi. Di sana diketahui, total ada 16 penumpang, terdiri dari 12 Warga Negara Indonesia (WNI) dan empat Warga Negara Asing (WNA).

(Baca: Sikap Lion Air dan AirAsia Atas Sanksi yang Dijatuhkan Kemenhub)

"Sejak Jumat lalu hingga hari ini, ke-16 penumpang yang dimaksud telah datang dan menyelesaikan proses clearance mereka di Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta. Dari pemeriksaan petugas, dipastikan semua penumpang yang sempat lolos dari tahapan Imigrasi, tidak ada daftar cekal dan indikasi perbuatan berbahaya lainnya, termasuk soal terduga teroris," tandasnya.

(Baca: Lion Air Laporkan Dirjen Perhubungan Udara ke Mabes Polri)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9603 seconds (0.1#10.140)