RPH Jamin Ketersediaan Stok Daging Sapi Saat Ramadhan

Senin, 30 Mei 2016 - 23:37 WIB
RPH Jamin Ketersediaan Stok Daging Sapi Saat Ramadhan
RPH Jamin Ketersediaan Stok Daging Sapi Saat Ramadhan
A A A
DEPOK - Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Tapos Depok memastikan ketersediaan stok daging sapi saat Ramadhan. Rata-rata produksi daging sapi per hari atau karkas di sana sebanyak 5,25 ton untuk memenuhi kebutuhan warga Depok dan sekitarnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Depok, Tinte Rosmiati mengatakan peran Distankan Kota Depok saat Ramadhan adalah menjamin ketersediaan stok dan keamanan pangan. Salah satunya daging sapi, ayam, dan telur.

“Di RPH produksi rata-rata 35 ekor sapi per hari, karkas saja 150 kilogram per ekor, tinggal ditotal saja. Itu konstan. Meski kebutuhan agak naik saat Ramadhan, kami jamin stok aman,” ujarnya di Depok, Senin (30/5/2016).

Tinte menambahkan selain RPH, sejumlah penjagal sapi di sekitar Depok juga diakomodasi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi. Distribusi juga dilakukan di wilayah sekitar Depok dan Bogor.

“Ada beberapa stok daging dari luar Depok dan antar regional wilayah bisa mendistribusikan juga,” paparnya.

Pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap keamanan daging sapi dan ayam potong di Depok menjelang Ramadhan. Salah satunya dengan mengambil sampel di sejumlah pasar tradisional. “Kami lakukan uji pengambilan sampel untuk menjamin keamanan pangan,” paparnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3519 seconds (0.1#10.140)