Stok Melimpah, Harga Minyak Dunia ke Level Terendah Tiga Bulan

Rabu, 27 Juli 2016 - 11:23 WIB
Stok Melimpah, Harga Minyak Dunia ke Level Terendah Tiga Bulan
Stok Melimpah, Harga Minyak Dunia ke Level Terendah Tiga Bulan
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia kembali jatuh pada awal perdagangan di Asia hari ini ketika stok melimpah dan melambatnya pertumbuhan ekonomi memberikan tekanan kepada pasar. Meski begitu para analis masih optimistis bahwa pelemahan ini hanya bersifat sementara dan diprediksi harga minyak akan kembali pulih akhir tahun ini.

Dilansir Reuters, Rabu (27/7/2016) harga minyak mentah berjangka Brent pada perdagangan hari ini ada di level USD44,81 per barel pukul 01.48 GMT, atau turun 6 sen dari sesi sebelumnya. Sementara harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) ada di posisi USD42,87 per barel atau turun 5 sen.

Hari sebelumnya Brent berada pada posisi USD44.14/barel untuk mencetak posisi terendah sejak Mei dan nilai kontrak telah menyusut lebih dari 15% saat adanya lonjakan pasokan serta perlambatan ekonomi membuat prospek permintaan minyak mentah menurun. Analis berharap kondisi ini hanya bersifat jangka pendek, dan diyakini permintaan akan membaik.

"Padangan saya bahwa harga minyak dunia akan semakin rendah antara level USD39 dan USD42 per barel selama beberapa pekan mendatang. Namun kami melihat setelahnya pasar akan kembali seimbang," jelas Kepala Analis Market CMC Markets Ric Spooner di Sydney, Australia.

Pasar minyak disebutkan terlihat cenderung bertahan di tengah kelebihan pasokan dalam dua tahun terakhir yang membuat harga menyusut mencapai 70% antara periode 2014-2016. Sedangkan Brent turun lebih rendah dalam satu dekade mencapai USD27 per barel.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4683 seconds (0.1#10.140)