KSP Pastikan LRT Jabodebek Soft Launching 12 Juli 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:00 WIB
loading...
KSP Pastikan LRT Jabodebek Soft Launching 12 Juli 2023
KSP optimistis LRT Jabodebek soft lauching pada tepat waktU 12 Juli 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) optimistis LRT Jabodebek soft lauching pada tepat waktu pada 12 Juli mendatang. Saat ini, LRT Jabodebek Tahap I progres prasarana sudah 99,37% dan sedang proses trial run.

"Dalam kesempatan ini, KSP ingin memastikan kesiapan aksesibilitas moda transportasi penunjang lain atau angkutan feeder maupun jalan akses pada setiap stasiun LRT di DKI Jakarta, Kota Depok dan Kota Bekasi," kata Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian, melalui pernyataannya, dikutip, Sabtu (17/6/2023).



Helson mengatakan, adanya LRT ditujukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jabodebek akibat dominasi penggunaan kendaraan pribadi. Di saat yang bersamaan, pembangunan LRT memiliki spirit untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik yang sudah terintegrasi. "Seluruh stasiun harus memiliki akses ke angkutan umum lain," kata Helson.

Helson menambahkan, selain kesiapan aksesibilitas, masih ditemukan kendala terkait pemanfaatan aset Barang Milik Negara dan Barang Milik Daerah yang perlu dicarikan solusinya. "Karenanya, KSP menjembatani penyelesaian tersebut sehingga menghasilkan beberapa kesepakatan antara para pihak terkait," kata Helson.

Pada kesempatan yang sama, PPK Pengembangan Prasarana Transportasi Perkotaan/Urban Transport, Ferdian Suryo Adhi Pramono mengatakan bahwa tidak ada kendala teknis berarti dalam pengerjaan dan saat ini sedang dalam proses trial run.

Untuk diketahui, Proyek LRT Jabodebek ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Permenko Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 yang memiliki 18 titik stasiun pemberhentian di 3 lintas pelayanan yaitu Cawang-Bekasi, Cawang-Cibubur, dan Cawang-Dukuh Atas. Dengan beroperasinya LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif moda transportasi untuk penumpang yang menghubungkan Kota Bekasi, Kota Depok dan DKI Jakarta.



Layanan LRT Jabodebek dijadwalkan akan melakukan operasi terbatas pada 12 Juli 2023 sampai dengan peresmian 18 Agustus 2023 bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia ke 78.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)