Sri Mulyani: Pemotongan Anggaran Tidak Akan Mengganggu Daerah

Selasa, 16 Agustus 2016 - 23:38 WIB
Sri Mulyani: Pemotongan Anggaran Tidak Akan Mengganggu Daerah
Sri Mulyani: Pemotongan Anggaran Tidak Akan Mengganggu Daerah
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa pemotongan anggaran untuk daerah yang tergabung dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak akan mengganggu pembangunan daerah yang bersangkutan. Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Ahmad Hafidz Tohir mengatakan, pemotongan belanja daerah yang sebesar Rp69 triliun akan mempersulit pembangunan di daerah.

Sri Mulyani mengakui transfer daerah tahun ini lebih rendah karena dana bagi hasil (DBH) ke daerah juga lebih rendah. Sedangkan untuk Dana Alokasi Umum (DAU) meksipun penerimaan negara akan sangat ketat diharapkan tidak lebih rendah untuk semua daerah.

"Kami pastikan tidak akan mengganggu perekonomian daerah tersebut. Kami juga pastikan pemotongan ini tidak berbahaya bagi daerah yang bersangkutan," katanya di Jakarta, Selasa (16/8/2016). Baca: Sri Mulyani Ungkap Banyak SMS Masuk Minta Nego Pemangkasan Anggaran

Sri Mulyani menambahkan, pihaknya akan coba transfer ke daerah tidak lebih rendah untuk semua daerah dengan penyesuaian DAK (Dana Alokasi Khusus).

"Kami akan sesuaikan DAK sesuai tema yakni mengurangi kesenjangan maka afirmasi untuk daerah tertinggal, betul-betul untuk memacu pembangunan di tingkat akar rumput. Jadi pemberdayaan termasuk dana yang bisa digunakan di level desa naik Rp47 triliun ke Rp60 triliun," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7188 seconds (0.1#10.140)