Brexit, Bank Besar Masih Wait and See Sebelum Tinggalkan Inggris

Kamis, 08 September 2016 - 23:11 WIB
Brexit, Bank Besar Masih Wait and See Sebelum Tinggalkan Inggris
Brexit, Bank Besar Masih Wait and See Sebelum Tinggalkan Inggris
A A A
LONDON - Bank-bank besar di Inggris mengatakan belum memutuskan apakah akan memindahkan kantor mereka dan semua kegiatan operasional ke luar Inggris, setelah keputusan Brexit. Hal ini disampaikan oleh seorang bankir yang menurutnya sektor perbankan masih wait dan see setelah Inggris memutuskan keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE).

Dilansir BBC, Kamis (8/9/2016) Ketua Eksekutif Asosiasi Bankir Inggris Anthony Browne kepada Komite UE, pihaknya masih mempertimbangkan sebelum bergerak ke luar negeri. Dia menerangkan semua itu butuh persiapan karena harus sedekat mungkin dengan Uni Eropa ditambah transisi pengaturan juga diperlukan.

Browne menambahkan hal itu sebagai upaya untuk menghilangkan etidakpastian dan mengurangi tekanan pada Bank, serta untuk menghindari gangguan pada pasar keuangan. "Saat ini kami masih menunggu dan melihat apa yang terjadi selanjutnya," terang dia.

Lanjut dia menjelaskan bawa proses Inggris keluar dari UE sendiri setidaknya membutuhkan waktu dua tahun, meski sejauh ini negera berjuluk Negeri Elizabeth itu telah mulai pembicaraan resmi dengan UE.

Brexit baru akan terjadi jika mencapai kata sepakat, kecuali anggota UE setuju untuk memperpanjang waktu negosiasi. "Kami pikir harus ada beberapa bentuk pengaturan transisi," tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya bank besar di Inggris disebutkan sudah mulai proses pindah ke kota lain di Eropa. Namun para ekonomi memprediksi tidak yakin lembaga keuangan di Inggris akan begitu saja pergi. Bank-bank dan perusahaan keuangan yang berbasis di London sudah sejak lama menikmati hak otomatis untuk menjual jasa di seluruh blok UE dengan 28 negara anggotanya itu, yang menawarkan biaya rendah untuk berbisnis di samping peraturan-peraturan tunggal.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4846 seconds (0.1#10.140)