Inggris-ASEAN Perkuat Hubungan Ekonomi dan Digital

Sabtu, 14 November 2020 - 07:17 WIB
loading...
Inggris-ASEAN Perkuat Hubungan Ekonomi dan Digital
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Para Menteri, Pejabat Pemerintahan dan Perwakilan Bisnis Inggris berkomiten untuk bekerjasama dalam pemulihan, ketahanan dan pertumbuhan ASEAN di masa yang akan datang. Sejauh ini, ASEAN dan Inggris diketahui memiliki hubungan ekonomi yang solid.

Menteri Perdagangan Internasional Liz Truss mengatakan bahwa Inggris adalah mitra jangka panjang bagi ASEAN. Hubungan Ekonomi yang kuat memungkinkan perdagangan bilateral tumbuh stabil dalam 10 tahun terakhir, hingga hampir menyentuh 42 miliar poundsterling.

“2020 adalah tahun yang cukup menantang namun juga merupakan periode bagi kerja sama Inggris-ASEAN yang lebih baik," kata Liz saat memberikan sambutan secara virtual pada KTT Bisnis dan Investasi ASEAN, Jumat (13/11/2020). Pada kesempatan tersebut, Liz menyampaikan kata sambutan di hadapan panel “Teknologi dan Masa Depan Kerja di ASEAN”.

( )

Menurut dia, kemajuan teknologi dikombinasi dengan dampak Covid-19 akan mempengaruhi masa depan pekerjaan. Dengan meningkatnya adopsi terhadap teknologi digital secara global, Liz mengutarakan pentingnya menguasai kemampuan untuk bekerja berjarak jauh dalam semua sektor.

"Inggris memutuskan untuk lebih fokus kepada kawasan Indo-Pacific dan bertekad untuk memperkuat hubungan ekonomi dan digital guna membangun masa depan yang lebih baik bagi kedua negara," tuturnya.

( )

Terlepas dari tantangan yang ada, tahun 2020 memang menjadi tahun yang sangat penting bagi hubungan Inggris-ASEAN. Pada Dialog Ekonomi Inggris-ASEAN di bulan Agustus lalu, kedua belah pihak menyepakati pentingnya memupuk pertumbuhan inovasi digital guna mendukung bisnis di kawasan regional untuk mampu berkembang dalam era ekonomi digital.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)