Libur Idul Adha, Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Naik 12%

Sabtu, 10 September 2016 - 15:36 WIB
Libur Idul Adha, Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Naik 12%
Libur Idul Adha, Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Naik 12%
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi, lonjakan penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat libur Hari Raya Idul Adha 1437 H mencapai 10%-12%. Hal ini lantaran libur Idul Adha bersamaan dengan adanya libur akhir pekan.

“Total pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini diperkirakan akan mencapai 138.989 penumpang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 947 pesawat,” ujar Director of Engeneering PT Angkasa Pura II (Persero), Djoko Murjatmodjo seperti dalam rilis yang diterima Sindonews di Jakarta, Sabtu (10/9/2016).

Mantan Plt President Director AP II ini memperkirakan, lonjakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan terjadi dari hari Jumat (9/9) hingga hari Senin (12/9) mendatang.

“Kami memperkirakan arus balik akan terjadi pada hari Senin sore hingga malam hari. Namun pada hari Senin, pergerakan penumpang sudah menurun hingga menjadi 111.302 penumpang dibandingkan hari Jumat,” imbuh dia.

Sementara pada hari Sabtu dan hari Minggu, pergerakan penumpang diperkirakan masih tinggi, masing-masing 131.619 penumpang dan 116.959 penumpang.

Relatif tingginya pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menunjukkan masih bergairahnya roda perekonomian di Indonesia. Salah satunya ditunjukkan oleh maskapai Sriwijaya Air yang telah mengajukan permohonan “extra flight” untuk tujuan daerah wisata Bali dan Tanjung Karang yang masing-masing sebanyak 2 (dua) “extra flight”.

Dia mengatakan, AP II sebagai perusahaan negara yang mengelola 13 bandara di kawasan barat Indonesia telah siap mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut dengan memberikan layanan yang optimal kepada pengunjung bandara.

“PT Angkasa Pura II (Persero) juga telah bekerja sama pemangku kepentingan lainnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menempatkan 395 personil TNI untuk menjaga keamanan bandara,” tuturnya.

Khusus bagi penumpang Garuda Indonesia pada penerbangan domestik, Djoko mengimbau agar penjemputan penumpang pesawat dengan kendaraan pribadi yang tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat dilakukan di gedung parkir.

"Di gedung parkir tersebut juga tersedia lobby untuk penjemputan yang dapat langsung diakses oleh penumpang atau pengunjung bandara melalui Lantai 1 Terminal 3," tandasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0741 seconds (0.1#10.140)