Dilantik Kepala Bappenas, Suhariyanto Resmi Jadi Komandan BPS

Kamis, 15 September 2016 - 14:55 WIB
Dilantik Kepala Bappenas, Suhariyanto Resmi Jadi Komandan BPS
Dilantik Kepala Bappenas, Suhariyanto Resmi Jadi Komandan BPS
A A A
JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, hari ini melantik Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menggantikan Suryamin yang memasuki masa pensiun.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala BPS sebelumnya Suryamin untuk melihat secara langsung prosesi pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Menteri Bambang.

Bambang mengucapkan selamat dan menyampaikan bahwa kualitas data BPS sangat diperlukan masyarakat Indonesia. Akurasi data dari BPS sangat dibutuhkan untuk menjembatani kebijakan pemerintah dalam memberi bantuan ke masyarakat tidak mampu.

"Selamat kepada Pak Suhariyanto yang berhasil melewati tahapan panjang dalam seleksi kepala BPS ini. saya tahu ini bukan tugas yang mudah. Dan bangsa Indonesia sangat berharap banyak kepada data BPS. Maka, akurasi data sangat diperlukan untuk kita dalam menjangkau masyarakat hingga ke pelosok," kata Bambang di kantornya, Kamis (15/9/2016).

Suhariyanto yang tampil menggunakan batik bercorak warna hitam dan coklat, nampak khidmat mendengarkan arahan dari Menteri Bappenas. Bambang juga mengingatkan agar kinerja BPS yang untuk seterusnya dipegang oleh pria yang akrab disapa Kecuk itu, bisa lebih baik

"Saya tahu ini bukan tugas yang ringan, dibutuhkan kerja sama tim yang baik antar internal BPS untuk menyajikan kualitas data yang akurat," kata Bambang. (Baca: Suhariyanto Akan Pimpin BPS Gantikan Suryamin)

Suhariyanto sendiri sebetulnya bukan orang baru di lingkungan BPS. Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, ini pernah menjabat Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik sejak 21 Februari 2012. Sebelumnya, pada 2010, dia adalah Direktur Analisis dan Pengembangan Statistik.

Alumnus Akademi Ilmu Statistik tahun 1983 pernah menjabat Kepala Subdirektorat Analisis Statistik BPS tahun 2008. Latar belakang akademisi lainnya: meraih gelar Master Statistik dari Guelph University, Kanada (1992) dan doktor dari Reading University, Inggris, program Studi Ekonomi Pertanian tahun 1999.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1218 seconds (0.1#10.140)