Stabilnya Rupiah Picu Bank Indonesia Turunkan BI 7 Days Repo Rate

Minggu, 25 September 2016 - 00:23 WIB
Stabilnya Rupiah Picu Bank Indonesia Turunkan BI 7 Days Repo Rate
Stabilnya Rupiah Picu Bank Indonesia Turunkan BI 7 Days Repo Rate
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyambut baik penurunan BI 7 Days Repo Rate oleh Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada bulan ini, sebesar 25 basis poin menjadi 5,0%. Tambah dia, penurunan ini sesuai dengan perkiraan banyak kalangan.

Josua menganalisa penurunan tersebut karena BI sudah mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya ekspektasi inflasi yang terkendali dan diperkirakan berada di kisaran 3%-3,3% pada YE 2016.

Kemudian, nilai tukar rupiah cenderung stabil ditengah inflow yang besar karena sentimen positif dari belum dinaikkannya suku bunga acuan Fed dalam rapat FOMC bulan ini serta sentimen amnesti pajak.

"Selain itu, mengingat masih rendahnya permintaan kredit dan lemahnya daya beli masyarakat, pelonggaran kebijakan moneter diharapkan dapat menjaga momentum pertumbuhan ditengah potensi pemangkasan belanja pemerintah," ujar Josua saat dihubungi, Sabtu (24/9/2016).

Namun demikian, otoritas moneter perlu berkoordinasi juga dengan otoritas fiskal mengingat rencana pemerintah untuk menerbitkan tambahan surat utang negara (SUN) sebesar Rp37 triliun yang kemudian berpotensi menyebabkan kondisi crowding out.

"Selain itu supaya lebih optimal untuk menjaga momentum pertumbuhan khususnya mendorong lagi konsumsi masyarakat, perlu juga koordinasi kebijakan fiskal yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat," pungkas dia.

Dengan keputusan Fed kemarin, diperkirakan ruang untuk pelonggaran kebijakan moneter dalam RDG BI cukup terbuka. Karena sentimen tersebut mendorong rupiah yang saat ini diperdagangkan di level Rp13.090-Rp13.100 per dolar AS, menguat dibandingkan penutupan kemarin di level Rp13.136 per dolar AS.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6602 seconds (0.1#10.140)