Pelindo II Akan Bangun Terusan untuk Distribusi Kontainer

Sabtu, 08 Oktober 2016 - 21:34 WIB
Pelindo II Akan Bangun Terusan untuk Distribusi Kontainer
Pelindo II Akan Bangun Terusan untuk Distribusi Kontainer
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) akan membangun inland waterway atau terusan sebagai upaya untuk memperlancar arus distribusi kontainer barang. Terusan tersebut diperkirakan mulai dibangun pada 2017 dari Tanjung Priok sampai Cikarang.

Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II Dani Rusli Utama mengatakan, terusan ini mengambil jalur sungai yang dan akan diperlebar untuk kapal pengangkut kontainer. Kapasitasnya sendiri cukup besar setara truk kontainer dijejer sepanjang 1,2 kilometer (km).

"Ini setara truk kontainer dijejer 1,2 km dengan kapasitas 100 kontainer atau 100 TEUs. Bisa kurangi kemacetan dan emisi gas kendaraan," ujarnya di Bandung, (8/10).

Dani menjelaskan, kapal pengangkut kontainer itu memiliki lebar 14 meter. Sehingga butuh pelebaran dengan cara mengeruk sungai. "Lebarnya 14 meter. Kalau bolak-balik ada space 30 meter safety zone dan butuh 45 meter lebar sungainya," katanya.

Dalam pelaksanaan, kata dia, dibagi ke dalam dua bagian. Desain terusan sudah dibuat termasuk acuan Amdal yang sudah dimasukan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Dilaksanakan kita bagi dua tim teknis dan koordinasi, bagian teknis desain sudah kami lakukan jembatan kerangka acuan Amdal sudah lakukan. Eksekusi masuk rencana induk pelabuhan, sudah masukan ke Kemenhub, baru Amdal dilakukan," tutur Dani.

Salah satu kendala yang masih mengganjal pembangunan terusan, lanjut Dani, yaitu soal pengadaan lahan. Perusahaan berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Perpres (Perpres).

"Masalah pengadaan lahan pemerintah harus ada kepentingan publik, ada penugasan dari pemerintah yakni Presiden. Kata UU Pertanahan dalam hal ini kami butuh Perpres Pertanahan," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3655 seconds (0.1#10.140)