Pertumbuhan Harga Rumah di Inggris Melambat Pada Oktober

Rabu, 02 November 2016 - 16:10 WIB
Pertumbuhan Harga Rumah di Inggris Melambat Pada Oktober
Pertumbuhan Harga Rumah di Inggris Melambat Pada Oktober
A A A
LONDON - Harga rumah di Inggris mengalami perubahan pada Oktober, untuk mengakhiri tren peningkatan selama 15 bulan beruntun berdasarkan data dari Nationwide. Pertumbuhan harga rumah mengalami perlambatan sebesar 4,6% dari 5,3% pada September.

Dilansir BBC, Rabu (2/11/2016) harga rata-rata rumah di Inggris jatuh dari sebelumnya sebesar 206,015 Pounds menjadi 205,904 Pounds. Kepala Ekonom Nationwide's Robert Gardner mengklaim kondisi pasar rumah menurutnya masih dalam kondisi tenang. "Aktivitas market perumahan masih cukup normal," sambungnya.

Dia menambahkan pemberi pinjaman hipotek nasional menunjukkan pelemahan pada pasar perumahan setelah pemungutan suara Brexit yang memutuskan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE) sejak Juni, lalu. Sebelumnya sinyal perlambatan sektor perumahan telah diramalkan oleh Halifax pada Agustus, kemarin.

Menurutnya harga rumah di Inggris telah jatuh sebesar 1% pada Juli dibandingkan dengan bulan sebelumnya, tapai masih 8,4% lebih tinggi dari tahun lalu. Kreditur sendiri mengakui bahwa memang ada sinyal bahwa pertumbuhan harga rumah berada di bawah tekanan.

Meski begitu mereka mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menentukan apakah keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (UE) telah berdampak pada pasar perumahan. Bank of England yang sempat memotong suku bunga juga pernah menerangkan harga rumah akan mengalami pelemahan.

Bank Sentral Inggris sempat memangkas suku bunga ke posisi terendah sepanjang sejarah ke level menjadi 0,25% dari 0,5%. Dikatakan proporsi pemilik rumah turun dari 72% pada April 2003 menjadi 8% tahun ini pada sejumlah wilayah di Inggris.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6558 seconds (0.1#10.140)