Sri Mulyani Pede RI Mampu Hadapi Kerentanan Ekonomi Global

Selasa, 17 Januari 2017 - 13:41 WIB
Sri Mulyani Pede RI Mampu Hadapi Kerentanan Ekonomi Global
Sri Mulyani Pede RI Mampu Hadapi Kerentanan Ekonomi Global
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yakin Indonesia bisa bertahan dari kerentanan ekonomi global. Namun, pemerintah harus bisa menarik investasi ke dalam negeri sebanyak mungkin.

Menurutnya, semakin tinggi angka investasi maka membuat ekonomi Indonesia bisa tetap tumbuh sesuai target. Sehingga, tidak terpengaruh rentannya perekonomian global.

"Sehingga kita bisa bertahan hadapi yang kita sebut ketidakpastian lingkungan global tapi semakin kita investasi, ekonomi Indonesia berpeluang bisa bertahan hadapi kerentanan dari luar. Ini fokus pemerintah," ujarnya di Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Baca Juga:
Bisikan Bank Dunia untuk Tingkatkan Mutu Belanja Pemerintah
Bank Dunia: Reformasi Kebijakan Fiskal Tingkatkan Ekonomi RI

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, ekonomi Indonesia sudah menunjukan tanda perbaikan dengan membaiknya tingkat kemudahan dalam berbisnis (ease of doing business). Isu ini disebutkannya sensitif di semua negara dunia.

"Bukan karena saya kembali, ease of doing business meningkat, pas saya di bank dunia saya tahu hubungan antar negara dalam ease of doing business banyak negara sensitif dengan ini. Tahu peringkat berapa mereka investasi besar-besaran ciptakan daya saing baik," kata Sri.

Menurutnya, ketika dia masih di bank dunia, tidak terlibat dalam menetapkan ease of doing business. Peringkat Indonesia yang sudah membaik saat ini masih belum membuatnya puas.

"Saya tidak terlibat beri peringkat ease of doing business yang dilihat dari satu negara. Peningkatan ini bukan pencapaian yang baik, kita tidak puas dengan posisi sekarang yang terbaik," pungkas menkeu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4039 seconds (0.1#10.140)