IMF Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris

Selasa, 17 Januari 2017 - 15:37 WIB
IMF Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris
IMF Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris
A A A
LONDON - Dana Moneter Internasional (IMF) telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Inggris pada 2017, menjadi lebih baik dibandingkan perkiraan sebelumnya sejak referendum Brexit memutuskan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE). IMF saat ini memprediksi ekonomi Inggris akan tumbuh 1,5% tahun ini, atau naik dari ramalan sebelumnya 1,1%.

(Baca Juga: IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris)

Meski begitu dengan prediksi pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,4% pada 2017 dan 3,6% di tahun 2018, ada kemungkinan masih adanya hambatan sehingga tidak sesuai dengan perkiraan. Ketidakpastian ekonomi dunia masih terjadi ketika Inggris baru akan memulai negosiasi keluarnya dari UE, sementara Amerika Serikat (AS) dengan Presiden baru Donald Trump diyakini kebijakan negara ekonomi terbesar di dunia itu akan lebih proteksionis.

"Angka-angka pertumbuhan pada kuartal ketiga, agak lebih kuat daripada prediksi sebelumnya di beberapa negara seperti Spanyol dan Inggris Raya. Hal ini dimana permintaan domestik mengangkat ekonomi lebih dari yang diprediksi setelah Brexit," terang IMF dalam outlook ekonomi dunia terbaru seperti dilansir BBC, Selasa (17/1/2017).

"Ada kemungkinan hasilnya lebih melebar dari proyeksi, mengingat ketidakpastian di antaranya sekitar respons kebijakan administrasi A.S dan konsekuensi ekonomi global," sambungnya.

Dalam membuat proyeksi, ekonom IMF telah membuat beberapa asumsi tentang kebijakan ekonomi AS di bawah kepemimpinan Donald Trump. Di antaranya pengusaha eksentrik itu diyakini akan melakukan pemotongan pajak dan pengeluaran untuk meningkatkan ekonomi AS.

IMF saat memperkirakan ekonomi AS tumbuh 2,3% tahun, atau naik dari prediksi sebelumnya sebesar 2,2%. Sementara perkiraan pada 2018 juga meningkat menjadi 2,5% dari 2,1%.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4547 seconds (0.1#10.140)