Sektor Riil

KAI terapkan sistem boarding pass

Rabu,  1 Agustus 2012  −  10:35 WIB
KAI terapkan sistem boarding pass
ilustrasi Foto: Koran Sindo

Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan tidak akan ada lonjakan penumpang pada musim arus mudik tahun 2012 ini. Hal tersebut dikarenakan pihak KAI akan menerapkan sistem boarding pass disetiap perjalanan kereta api.

Hal tersebut disampaikan Manager Senior Humas PT KAI Daop I Jakarta Mateta Rijaulhaq, di Jakarta, Rabu (1/8/2012).Mateta menjelaskan, sistem boarding pass menjamin bahwa hanya penumpang yang memiliki karcis saja yang akan diangkut oleh pihaknya.

"PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) telah menerapkan tiket yang dijual sesuai kapasitas tempat duduk kereta. Dengan demikian hanya pemudik yang mempunyai tiket yang dapat naik kereta," ungkapnya.

Mateta menjelaskan tidak adanya hari puncak arus mudik dikarenakan PT KAI telah mematok jumlah penumpang perharinya sebanyak 28 ribu orang. "Akan ada 48 perjalanan dengan 21.458 kursi reguler. Lalu ada 10 perjalanan tambahan dengan 6.452 tempat duduk, yang terdiri dari lima rangkaian kereta ekonomi dan lima kereta non-ekonomi. Sehingga total terdapat sekitar 28.000 penumpang per hari. Jadi tidak ada hari puncak alias datar, tidak ada juga kereta sapu jagat," kata Mateta.

Selain itu Mateta mengatakan, sistem boarding dilakukan untuk menertibkan para penumpang, pihaknya menggunakan sistem boarding. Sebelum memasuki stasiun, setiap calon penumpang diperiksa identitas dirinya.

"Di portir, diperiksa, kalau tidak sesuai dengan KTP, ditolak dan tidak boleh masuk. Setelah itu para calon penumpang masuk ke ruang tunggu, kalau keretanya sudah datang mereka dipanggil ke peron. Jadi tidak ada lagi calon penumpang yang salah kereta," papar Mateta.





(and)

views: 1.199x
shadow