HT dorong generasi muda jadi pengusaha sukses

Selasa, 16 April 2013 - 16:52 WIB
HT dorong generasi muda jadi pengusaha sukses
HT dorong generasi muda jadi pengusaha sukses
A A A
Sindonews.com - CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (HT) memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa dalam seminar nasional "Polypreneur, Be a Real Entrepreneur Whereever You Concern At".

Dia mencurahkan kisahnya sejak awal memulai karier dari dunia jasa keuangan dan pasar modal, hingga kini menjadi CEO MNC Group, perusahaan terbesar di Asia Tenggara.

HT menuturkan pada 1997 dan 1998 terjadi krisis moneter, di mana Singapura, Korea, Malaysia juga terkena dampaknya. Dia melihat peluang dan berani berinvestasi, hingga akhirnya pada 2001-2002 melihat kesempatan besar dengan mulai terjun di bidang media.

"Betul itu, just do it. Terdiri lebih dari 23 ribu karyawan, 7 perusahaan di Indonesia dan satu di luar negeri, saya bicara seperti ini karena tujuannya kan motivasi. Bahkan, sekarang nilai sahamnya sudah mencapai Rp115 triliun," ujarnya dalam Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Fair 2013 di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (16/4/2013).

Indonesia, kata HT, adalah negara dengan populasi penduduk muda paling besar. Yakni, sebesar 70 persen di bawah umur 40 tahun. "Sehingga internet pertumbuhannya luar biasa. Didominasi anak muda. FB untuk Jakarta saja terbesar di dunia, 17 juta account. Karena itu, generasi muda berperan penting di negara kita," paparnya.

Setiap wirausahawan, kata dia, harus mempunyai tujuan (destiny) yang jelas. Selain itu, harus terus fokus dan disiplin. "Perlu tujuan jelas, fokus karena hidup itu tidak linear, disiplin, yakni kepribadian yang kurang baik harus diubah, lalu memiliki fighting spirit tinggi, ulet itu penting sekali. Jangan gampang menyerah. Belum sampai titik destiny sudah give up," tuturnya.

Selain itu, setiap pengusaha harus memiliki kecepatan dalam mengambil keputusan dan berani menerima risiko. HT menegaskan tentunya dengan tetap mengedepankan kualitas dan etos kerja yang tinggi.

"Speed harus dikedepankan. Saya, saat masuk di media, keputusan yang saya ambil cuma dua hari. Pada waktu krisis saya ditawarkan Bimantara dan dalam dua hari dengan tim yang besar, saya putuskan saya beli. Di situ cikal bakal MNC," paparnya.

HT pun mengajak seluruh mahasiswa sebagai generasi muda untuk terus meningkatkan kualitas. Dan wirausaha sangat penting untuk terus dicetak agar bisa menciptakan lapangan kerja.

"Termasuk kalian kuliah jangan asal lulus, jadilah lulusan yang berkualitas. Indonesia perlu entrepreneur yang cukup. Generasi muda ini harus jadi tulang punggung negara kita. Indonesia negara yang tergantung pada domestic activity ekonominya. Ditambah dengan Human Resources dan Natural Resources yang besar sekali," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6004 seconds (0.1#10.140)