Upaya Meningkatkan Ketahanan Stratup dengan Membangun Ekosistem

Rabu, 01 Maret 2023 - 17:03 WIB
loading...
Upaya Meningkatkan Ketahanan Stratup dengan Membangun Ekosistem
Startup membutuhkan ekosistem agar bisa terus bertahan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Peningkatan resiliensi bagi para startup menjadi upaya yang sangat vital dilakukan saat ini setelah Indonesia mengalami berbagai tantangan global. Karena itu, upaya pendampingan dan networking berkelanjutan sangat penting dalam meningkatkan kinerja bisnis.



Setelah sukses menggelar pelatihan kepada para startup untuk menskalakan entrepreneur paling menjanjikan di Indonesia, Endeavor Indonesia, komunitas entrepreneur, kembali mengumumkan 15 startup industri agnostik yang akan berpartisipasi dalam program Endeavor Scale Up Batch 4. Peserta ini dipilih dari 53 startup berbasis teknologi yang berkantor pusat di Indonesia dan Singapura, dengan Indonesia sebagai pasar utama.

Lewat Endeavor Scale Up, Endeavor siap membangun ekosistem kewirausahaan yang berkembang di seluruh dunia lewat keberadaan high-impact entrepreneurs. Diharapkan akan lebih banyak lahir Endeavor Entrepreneur masa depan yang tidak hanya menskalakan perusahaan mereka, tetapi juga melipatgandakan dampaknya.

Wayah Wiroto, Managing Director Endeavor Indonesia, mengatakan tantangan global yang melanda belakangan ini membuat banyak startup perlu meningkatkan resiliensi yang kuat. High-impact entrepreneurs sendiri menjadi sebuah terminologi khusus Endeavor agar mampu meningkatkan skala bisnis para startup dengan cepat, serta berkontribusi kembali kepada masyarakat.

Upaya Meningkatkan Ketahanan Stratup dengan Membangun Ekosistem


"Program Scale Up siap menjadi platform untuk para calon entrepreneur yang memiliki mimpi besar untuk menjadi Endeavor Entrepreneur di masa depan. Lewat jaringan global Endeavor yang tersebar di 41 pasar negara berkembang di seluruh dunia, kami akan menyediakan jaringan yang luas hingga mendukung upaya penggalangan dana perusahaan lewat panduan dari berbagai expertise,” kata Wayah, dalam keterangannya, Rabu (1/3/2023).

Setelah melalui proses seleksi, Startup peserta Endeavor Scale Up Batch 4 antara lain Belanjaparts, BintanGO, Blitz Electric Mobility, CROWDE, DishServe, Eezee Pte Ltd, Feedloop Global Teknologi, GoCement, Handprint, Jendela360, OKHOME, Skorlife, StaffAny, Waste4Change, YouVit.

Para founder dari startup terpilih akan mengikuti rangkaian kegiatan intensif mulai dari 3 sesi mentoring eksklusif dengan para mentor, 3 sesi sharing bernama Founder to Founder Forum bersama Endeavor Entrepreneurs, dan 3 sesi pembelajaran di Scale Up Academy dengan 3 topik berbeda, serta akses ke jaringan investor Endeavor. Semua founder terpilih juga akan memiliki manajer akun khusus dari tim Endeavor Indonesia.

Ritchie Goenawan, Chief Operating Officer Mangkokku, menambahkan bahwa program ini mendorong dirinya dan mitra untuk merefleksikan lebih dalam mengenai perjalanan scaling up startup mereka.

"Program ini juga memberikan wawasan yang mencerahkan mengenai pengambilan keputusan yang sulit namun penting bagi organisasi," jelas Ritchie.



Endeavor Scale Up Program Batch 4 bermitra dengan Aiven (perusahaan berbasis teknologi yang memungkinkan bisnis untuk mengelola infrastruktur data sumber terbuka di cloud), Zendesk (perusahaan CRM yang mengutamakan layanan yang membangun perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan), dan World White Enterprise - sebuah perusahaan yang terdiri dari beberapa merek seperti Heymale, Heylocal, dan Prepp Studio.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)