Pertamina EP siap pasok gas ke PLN 20 mmscfd 2014

Selasa, 08 Oktober 2013 - 10:37 WIB
Pertamina EP siap pasok gas ke PLN 20 mmscfd 2014
Pertamina EP siap pasok gas ke PLN 20 mmscfd 2014
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) disektor hulu pada Desember 2014 akan memasok gas sebesar 20 mmscfd ke PT PLN (Persero).

Hal tersebut seiring dukungan Pertamina terhadap pengurangan konsumsi pembangkit terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Rencananya Desember tahun depan. Paling cepat Desember tahun depan karena ini untuk negara," kata Direktur Ekplorasi dan Penemuan Cadangan Baru Pertamina EP, Doddy Priambodo, di sela-sela melakukan program CSR pelepasan burung Maleo, di Pantai Bakiriang, Kecamatan Moelong, Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (7/10/2013).

Di tempat yang sama, General Manager Proyek Pengembangan Gas Matindok, Medianto membenarkan rencana pengembangan lapangan (POD) proyek pengembangan gas Matindok (Matindok Gas Development Project/MGDP), sebesar 85 mmscfd gas dari Matindok akan dialokasikan untuk kilang LNG Donggi Senoro dan 20 mmscfd untuk PLN.

Sementara, JOB Pertamina-Medco E&P Tomori selaku operator Blok Senoro Toili akan memasok gas ke PLN sebanyak 5 mmscfd. "Tapi untuk PLN akan dilakukan Desember 2015. Tahun depan untuk DSLNG dulu 50 mmscfd dan tahun kedua 35 mmscfd jadi total 85 mmscfd," kata dia.

Vice President Legal and Relation Pertamina EP, Aji Prayudi mengakui penandatanganan PJBG belum dilakukan sampai saat ini. Meski sudah ada surat persetujuan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bahwa Pertamina mengalokasikan sejumlah tersebut untuk PLN.

Rencananya PLN akan mendapatkan gas hulu tersebut dari sumur Sukamaju dari Lapangan gas Matindok tapi menunggu central processing plan selesai.

"Kita nunggu central processing plan (pemrosesan gas) selesai kalau sudah selesai nanti Desember 2015 sudah bisa mengalir ke PLN," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4001 seconds (0.1#10.140)