Kesepakatan APEC untuk dorong UMKM diapresiasi

Rabu, 09 Oktober 2013 - 14:33 WIB
Kesepakatan APEC untuk dorong UMKM diapresiasi
Kesepakatan APEC untuk dorong UMKM diapresiasi
A A A
Sindonews.com - Ketua Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Airlangga Hartarto siap mendorong pemerintah membuka peningkatan akses usaha mikro kecil menengah (UMKM) terhadap penerapan information, communication and technology (ICT).

Menurut dia, hanya sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang sadar bahwa penguasaan teknologi informasi (TI) dapat membuka peluang lebih lebar bagi usaha mereka.

“Padahal, penggunaan teknologi akan sangat membantu usaha skala mikro dan kecil untuk bisa lebih berkembang. Untuk itu, kami menyambut gembira usulan APEC Business Advisory Council (ABAC) untuk membentuk pusat inkubasi UMKM di 21 negara anggota APEC,” ujarnya di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Dia mengaku mengapresiasi terselenggaranya APEC Small Medium Enterprise Enterpreneurship Summit yang dilaksanakan pertama kalinya di Bali saat ABAC Meeting. Karena dari pertemuan tersebut berhasil memasukkan poin penting dalam kesepakatan untuk memfasilitasi partisipasi UMKM, anak muda dan wirausahawan perempuan.

Sebelumnya, anggota ABAC Erwin Aksa mengatakan, pusat inkubasi UMKM akan menggunakan teknologi inovasi yang akan memberikan kemudahan pemasaran dan juga pembiayaan karena semuanya menerapkan sistem all in one e-commerce.

Dengan perluasan akses telekomunikasi bagi sektor UMKM akan meningkatkan daya saing sekaligus memperluas pasar UMKM karena banyak tergabung dalam banyak jaringan terutama di wilayah Asia Pasifik.

Dia menegaskan kembali komitmennya untuk mencapai kekuatan yang seimbang, dalam hal pertumbuhan global, berkelanjutan dan inklusif. Dalam proses ini, anggota APEC sepakat untuk memfasilitasi partisipasi UMKM dan wirausahawan perempuan.

ABAC merupakan suara resmi dari kalangan pebisnis APEC. Forum ini melibatkan para pemimpin bisnis dari 21 anggota APEC yang dipilih secara resmi oleh kepala pemerintah masing-masing dan bertugas mengidentifikasi prioritas-prioritas kebijakan dan isu-isu krusial dari sektor bisnis untuk mencapai kerjasama ekonomi yang lebih erat.

Tahun ini, ABAC diketuai delegasi dari Indonesia, yaitu Wishnu Wardahana, yang merupakan Direktur Indika Energy. Selain Wishnu, delegasi ABAC dari Indonesia adalah Chairman Bakrie Global Ventura Anindya Novyan Bakrie, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Direktur Utama BNI Gatot Suwondo, Direktur Utama Telkom Arief Yahya CEO Bosowa Grup Erwin Aksa.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4952 seconds (0.1#10.140)