Inflasi di Australia kuartal ketiga naik 1,2%

Rabu, 23 Oktober 2013 - 18:01 WIB
Inflasi di Australia kuartal ketiga naik 1,2%
Inflasi di Australia kuartal ketiga naik 1,2%
A A A
Sindonews.com - Inflasi di Australia melesat jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan sebesar 1,2 persen pada kuartal ketiga (Q3) 2013, dari 0,4 persen pada kuartal sebelumnya. Data tersebut terjadi sebagian karena lonjakan harga BBM.

Dilansir dari The West, Rabu (23/10/2013), data Australia datang seminggu setelah Selandia Baru, India dan China melaporkan inflasi berjalan lebih panas dari yang diperkirakan .

Kebijakan pelonggaran moneter di Barat telah memicu spekulatif aliran "uang panas " ke Asia, dimana tekanan harga mengancam tercipta gelembung aset tidak stabil di beberapa negara.

Permintaan domestik yang kuat juga mendorong harga dari sektor makanan dan bahan bakar. India, Indonesia dan Malaysia telah memotong subsidi BBM negara dalam beberapa bulan terakhir dalam upaya mengurangi beban utang mereka, membuat biaya hidup lebih tinggi .

Selena Ling, kepala penelitian treasury Oversea-Chinese Banking Corp, pemberi pinjaman nomor dua di Singapura mengatakan, inflasi merayap ke atas di seluruh wilayah.

Harga konsumen September naik kurang dari yang diperkirakan sebesar 1,6 persen , tetapi bank sentral memperingatkan bahwa inflasi inti akan bergerak lebih tinggi dalam beberapa kuartal mendatang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)