SBY optimis masa depan batik makin cerah

Rabu, 05 Februari 2014 - 12:39 WIB
SBY optimis masa depan batik makin cerah
SBY optimis masa depan batik makin cerah
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakin, bahwa masa depan batik Indonesia semakin cerah. Karena sudah menjadi gaya hidup masyarakat menengah, yang jumlahnya terus meningkat.

Hal tersebut dikatakan SBY saat mengunjungi Pusat Bati Internasional di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) hari ini bersama Ibu Ani Yodhoyono dan sejumlah menteri KIB II.

"Di negara kita sendiri kelas menengah yang tahun lalu baru 50 juta nanti mendekati 2030 akan menjadi 135 juta. Berapa kali penduduk Singapura bisa dibayangkan mereka akan senang membeli batik. Itulah gaya hidup sekarang ini," kata SBY seperti dikutip dari situs Setkab, Rabu (5/2/2014).

Menurutnya, masa depan batik atau ekonomi kreatif itu cerah. Hal ini terlihat dari kontribusi ekonomi kreatif termasuk batik terhadap perekonomian nasional yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Karena itu, SBY meminta gubernur dan bupati untuk terus membimbing para perajin agar memiliki masa depan yang baik. "Karena itu teruslah dibimbing dengan rajin, ditekuni, didorong para perajin. Jika terdapat kesulitan permodalan dibantu dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau skema bantuan yang lain. Dengan demikian mereka diberikan kemudahan-kemudahan," paparnya.

Dia juga berharap batik Pekalongan khususnya batik Jawa Tengah pada umumnya makin berjaya.

Dalam kesempatan tersebut, SBY juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2800 seconds (0.1#10.140)