Apindo sebut investor tak minati labour industries

Rabu, 30 April 2014 - 11:20 WIB
Apindo sebut investor tak minati labour industries
Apindo sebut investor tak minati labour industries
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Dewan Perwakilan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, saat ini banyak pengusaha dan investor tidak mau menanamkan modalnya dalam usaha yang banyak merekrut tenaga kerja (labour industries). Pasalnya, selain tidak menguntungkan, banyak permasalahan yang muncul dalam industri tersebut.

"Akhirnya semakin hari pengusaha tidak mau masuk bidang investasi yang banyak merekrut tenaga kerja (labour industries) karena di samping tidak banyak untung, persaingan di dunia dan juga masalah dalam negeri termasuk masalah logistik dan infrastruktur menimbulkan semakin hari kita tidak kompetitif," terang dia dalam Focus Group Discussion Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) di Hotel JS Luwansa Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Terlebih, dia menambahkan, masalah buruh dengan persoalan normatifnya seperti upah selama tiga tahun belakangan ini tak kunjung selesai. Selain itu, permasalahan BPJS Kesehatan yang turut membingungkan pengusaha.

"Belum lagi masalah BPJS karena confuse yang kita rasakan, sehingga buruh kita ribut. Waktu Jamsostek kita merasa lebih banyak mendapatkan service. Tapi apapun, kita melihat ini masalah yang penting harus diselesaikan," imbuh dia.

Oleh karena itu, Sofjan meminta pemerintah turut bekerja sama mengatasi permasalahan ini. Semua investasi yang banyak masuk saat ini hanyalah capital industries yang tidak banyak menggunakan tenaga kerja.

"Kita harus sadar tidak ada satupun pemerintahan turun karena masalah politik, tapi semua karena ekonomi. Jatuhnya Soeharto dan Soekarno itu semua karena ekonomi. Ini akan jadi bahaya buat kita dan jadi tanggung jawab kita. Kita perlu bekerja sama karena kita saling membutuhkan," tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6155 seconds (0.1#10.140)